Strategi Pembelajaran Kosakata pada Siswa Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Tahun Akademik 2013/2014

Monafisa Rizqi

 

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Kosakata (SPK) pada siswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra tahun angkatan 2013/2014. Siswa tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (BA). Penelitian ini menyangkut Pemerolehan Bahasa Kedua (PBK), khususnya SPK. SPK penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalampembelajaran  dan  penerjemahan  kosakata  baru.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  pertama,  menunjukkan  dan mendeskripsikan  strategi  pembelajaran  kosakata  bahasa  kedua  (bahasa  Inggris  sebagai  bahasa  kedua/asing);  kedua, menemukan SPK apa yang paling banyak digunakan oleh siswa angkatan tahun 2013/2014 Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra. Peserta adalah 92 siswa angkatan tahun 2013/2014 Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra di kuisioner dan 8 peserta dari mereka diinterview di sesi interview. Kuisioner menggunakan 5-Skala Kesukaan dari LIP (2009) dan interview menggunakan  interview  semi-terstruktur.  Sampel  di  interview  dipilih  dengan  menggunakan  model  Sampling  Tujuan Bertingkat.  Tipe  penelitian  ini  adalah  metode  campuran.  Peneliti  menggunakan  taksonomi  Schmitt  (1997)  untuk mengklasifikasikan strategi berdasarkan lima SPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan lima strategi pembelajaran kosakata; (a)strategi Determinasi, (b)strategi Sosial, (c)strategi Memori, (d)strategi Kognitif dan (e)strategi Meta-kognitif. Strategi yang paling banyak digunakan adalah strategi determinasi. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa cenderung menggunakan strategi seperti menemukan kata baru dengan membuka kamus yang termasuk ke dalam strategi determinasi.  Kamus  adalah  keharusan  untuk  belajar  bahasa  dan  untuk  mengembangkan  sebuah  keahlian  pembelajaran kosakata bagus yang artinya bahwa siswa dapat mengembangkan kesuksesan dalam penguasaan kosakata dengan usaha mereka  sendiri.  Peneliti  mengasumsikan  bahwa  jika  siswa  sadar  mengenai  keberadaan  lima  SPK,  mereka  dapat memaksimalkan  strategi  tersebut  dan  menemukan  strategi  yang  cocok  untuk  pencapaian  mereka  dalam  pembelajaran kosakata.

 

Kata Kunci: Kosakata, StrategiPembelajaranKosakata (SPK), BahasaAsing (BA), PemerolehanBahasaKedua (PBK), Taksonomi.

Written by