Tipe-Tipe dan Sebab-Sebab Utama dari Kegelisahan Berbahasa Asing yang Dimiliki oleh Mahasiswa-Mahasiswa Semester Dua dan Semester Enam Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Jember

Marisa Aini Firdausi

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini berfokus pada tipe-tipe utama dari kegelisahan berbahasa asing yang dimiliki oleh mahasiswa semester dua dan semester enam dan penyebab-penyebab utamanya. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pertama yang digunakan untuk menganalisa kuesioner adalah analisis statistikal deskriptif yang digunakan untuk mengukur skala dari kegelisahan berbahasa asing dan untuk mencari tahu tipe-tipe dari kegelisahan berbahasa asing mahasiswa. Kemudian, metode kedua adalah analisis konten yang digunakan untuk menginvestigasi penyebab-penyebab utama dari kegelisahan berbahasa asing mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik semester dua maupun semester enam merasa gelisah saat belajar Bahasa Inggris di dalam kelas. Walaupun mereka merasa gelisah ketika belajar Bahasa Inggris di dalam kelas, mereka tidak memiliki tipe-tipe utama kegelisahan berbahasa asing yang sama. Sementara itu, penyebab-penyebab kegelisahan berbahasa asing mereka teridentifikasi sebagai berikut: 1) mereka merasa bahwa kemampuan berbahasa Inggris mereka tidak bagus; 2) mereka jarang mempraktikkan Bahasa Inggris mereka; 3) rendahnya kepercayaan diri siswa; 4) mereka kurang siap saat belajar di dalam kelas; 5) mereka takut untuk membuat kesalahan; 6) kosa kata yang mereka kuasai kurang; 7) mereka belum terbiasa dengan lingkungan berbahasa Inggris.

 

Kata Kunci: Perolehan Bahasa Kedua, Kegelisahan, Kegelisahan Berbahasa Asing

 

 

 

Written by