TIPE KESALAHAN PENULISAN DAN PENGUCAPAN BAHASA INDONESIA SISWA TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DI SMPLB BINA WIYATA PUTRA SITUBONDO

Vina Savitri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe kesalahan penulisan dan pengucapan bahasa Indonesia siswa tunarungu dalam pembelajaran menyimak di SMPLB Bina Wiyata Putra Situbondo, serta mendeskripsikan perbandingan kesalahan bahasa siswa tunarungu dalam pembelajaran menyimak secara tulis maupun lisan. Pengumpulan data di dahului dengan membuat karangan untuk siswa tunarungu, mendiktekan karangan pada siswa tunarungu, mengumpulkan hasil karangan tulis dan lisan siswa tunarungu, dan mengklasifikasi tipe kesalahan pada karangan tulis dan lisan siswa tunarungu. Tahap analisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan berupa teknik hubung banding (komparasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kesalahan bahasa siswa tunarungu terjadi pada tipe kesalahan bahasa penulisan huruf vokal, konsonan, dan vokal & konsonan, tipe kesalahan pengucapan vokal, konsonan, dan vokal & konsonan.

 Kata Kunci : kesalahan bahasa, kesalahan penulisan dan pengucapan

Written by