Proses Latihan Teater Akbar Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia (IMASIND)

Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia (IMASIND) secara rutin melakukan latihan untuk persiapan Teater Akbar. Mahasiswa yang tergabung dalam IMASIND memulai latihan dari 20 Juli 2018. Dua minggu pertama, latihan mereka fokus pada pemanasan, olah pikir, olah rasa, olah tubuh, dan olah vokal. Latihan mereka tidak langsung pada naskah, karena tubuh harus siap dan lentur agar tidak kaget.

Teater Akbar akan dilaksanakan pada 14 September 2018 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Selain pemanasan dan berbagai latihan olah fisik, mereka juga melakukan diskusi naskah.          

“Alhamdulilah sutradaranya tidak otoriter, sehingga dalam pembuatan adegan actor juga bisa member masukan atau sebagainya,” jelas Diana mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2016, salah satu anggota IMASIND.

Latihan yang dilakukan untuk pemanasan yaitu lari secara rutin keliling Universitas Jember, lari di sepanjang jalan Jawa sampai bundaran DPR, dan di lapangan Fakultas Ilmu Budaya. Latihan dilakukan dari pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat.

“Saya menginginkan aktor keciprat dan merasakan betul apa yang saya alami dulu, seperti tidak bisa menghubungi pacar.” Ucap Alan Adma Wiranata mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2015 selaku sutradara.

Latihan persiapan Teater Akbar juga melalui banyak rintangan, terutama pada pemain atau aktor. Namun, para pemain cukup antusias melakukan latihan. Sebab dalam proses latihan sutradara mengutamakan kemandirian dan kedisiplinan.

Penulis: Desi dan Yofi

Written by