Nonton Bareng dan Diskusi Dalam “Button Ijo Dolan Jember”

butonijo

Belakangan ini perfilman Indonesia telah mengalami kemajuan yang cukup pesat ditandai dengan bertambahnya jumlah pembuat film, produksi film yang makin beragam, dan penonton film yang makin tersebar. Fenomena ini bermunculan di mana-mana, baik di kota kota besar maupun kabupaten. Sayangnya, perkembangan ini tidak dibarengi dengan terobosan serupa di bidang distribusi.

Jaringan bioskop yang dikuasai oleh pemodal besar menjadikan minat akan tontonan alternatif semakin tinggi. Inilah salah satu yang melandasi Layar Kemisan dan Himpunan Mahasiswa Televisi dan Film Fakultas Sastra bekerja sama dengan Button Ijo untuk menggelar pemutaran film. Acara yang dikemas dalam “Button Ijo Dolan Jember” ini memutar film karya Kamila Andini berjudul The Mirror Never Lies.

Acara yang berlangsung pada tanggal 21-22 Oktober tersebut berisikan pemutaran film yang terbagi kedalam 3 sesi dan diakhiri dengan diskusi pada sesi akhir acara. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Home Theatre Fakultas Sastra pada pukul 17.00-22.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Button Ijo menjadi pemateri dalam sesi diskusi tentang bagaimana membentuk jaringan pemutaran alternatif.

Fauzi Rahmadani selaku perwakilan dari Layar Kemisan mengatakan bahwa acara serupa telah beberapa kali diselenggarakan dan akan lebih ditingkatkan lagi kuantitasnya. Tentu saja kegiatan semacam ini membutuhkan perhatian berbagai pihak, terutama tentang infrastruktur yang mendukung, misalnya auditorium, untuk pemutaran film semacam ini dan kegiatan berkesenian lain, pungkasnya. (Rmd)

 

 

Written by