Dekan Akan Siapkan 9 Pelayanan Online

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt. dalam apel Senin, 3 Januari 2022 secara hybrid di Aula Sutan Takdir Alisyahbana menyampaikan beberapa program peningkatan akademik. Kita mempunya program peningkatan akademik dan beberapa sudah terlaksana dan masih memerlukan dukungan. Diantaranya dari program wakil dekan 1, dimana kita mendorong kepada para doktor untuk segera meraih gelar profesor melalui jurnal ilmiah skala nasional dan internasionalnya. Selanjutnya kita berharap sudah tersusun Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) sebagai panduan pembelajaran bagi mahasiswa pada semester genap 2021/2022. Minimal antara 10 sampai 15 RPS setiap jurusan/prodi diharapkan sudah tersusun.

Dekan mengingatkan kepada dosen bahwa sejak Desember 2021 dosen diharapkan sudah melakukan aktifitasnya di kampus. Walaupun sebagian mahasiswa masih melakukan aktifitasnya secara daring, untuk dosen sudah bisa melakukakan aktifitasnya secara luring. Terutama dalam kegiatan seminar proposal, seminar hasil dan ujian tugas akhir sudah harus dilakukan secara luring di kampus. Termasuk kegiatan rapat jurusan, silahkan ruang Aula digunakan dan tetap memenhi protokol kesehatan, terang Sukarno.

Dalam hal pelayanan baik kepada mahasiswa maupun dosen, kita sudah menyiapkan 9 pelayanan secara online atau kita sebut Sistem Informasi Layanan Online (SILOn). Seperti pelayanan online permohonan aktif kuliah, pelayanan pengajuan proposal sampai ujian tugas akhir. Juga pelayanan permohonan surat tugas penelitian dan pengabdian dari dosen. Untuk itu kita sudah melakukan komunikasi terkait sistem pelayanan online dengan UPT-TIK Universitas Jember.

Sementara bidang wakil dekan 2 juga telah menyiapakan sarana dan prasarana pembelajaran. Seperti sarana dan prasarana di ruang kelas sudah kita siapkan baik secara luring maupun daring. Sehingga interaksi pembelajaran tatap muka dosen dengan mahasiswa juga bisa diikuti secara daring.

Pada bidang wakil dekan 3, kita mendorong mahasiswa untuk meraih prestasi baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Kita berharap prestasi mahasiswa FIB-UNEJ juga bisa di tayangkan pada videotrone yang ada di double way, kata Dekan.