Siapkan Kuliah Umum, HISKI Jember Mengulik Tema “Penelitian dan Pengembangan Sastra”

HISKI Jember kembali menyiapkan webinar rutin bulanan. Kali ini dalam format Kuliah Umum. Kegiatan akan mengulik tema “Penelitian dan Pengembangan Sastra”. Diharapkan forum ini dapat memberi pencerahan atau transfer ilmu tentang penelitian sastra, bukan saja dalam ranah penelitian dasar, melainkan juga penelitian desain-pengembangan.

Demikian informasi rancangan webinar daring dalam format Kuliah Umum, yang dilaksanakan atas kerja sama Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia Komisariat Jember (HISKI Jember) dengan Jurusan Sastra Indonesia & Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UNEJ), Jurnal Semiotika, Kelompok Riset Pertelaahan Sastra Konteks Budaya (KeRis PERSADA), Teen and Children’s Literature Research Group (TCLRG), dan Center for English Literature and Culture (CELC), Sabtu mendatang (23/9/2023).

Penelitian dan pengembangan (research and development), juga dikenal dengan singkatan R&D, merupakan model kajian dengan cara merancang, memproduksi, dan menguji validitas/efektivitas perangkat/produk yang telah dikembangkan. Model penelitian ini banyak digunakan oleh institusi, lembaga, perusahaan, atau organisasi yang dituntut/menuntut pengembangan dan inovasi sehingga memiliki daya saing yang kompetitif. Dalam institusi akademis, penelitian model tersebut juga banyak dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.

Meskipun tipe R&D dapat berupa riset dasar, terapan, dan desain-pengembangan, orientasi utama mengarah pada inovasi yang kompetitif. “R&D merupakan salah satu model penelitian, di antara banyak model yang lain. Perlu kiranya R&D didiskusikan untuk memahami peluang dan potensinya dalam riset-riset sastra yang non-kependidikan,” kata Dr. Heru S.P. Saputra, M.Hum., ketua HISKI Jember sekaligus Editor in Chief Jurnal Semiotika.

Pembicara yang diundang sebagai narasumber adalah Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum., dosen FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Kuliah umum dipandu oleh moderator Dr. Dina D. Kusumayanti, M.A., anggota HISKI Jember sekaligus dosen Jurusan Sastra Inggris FIB UNEJ, pewara Fatmawati dan host Riski ‘Riri’ Rosalinda, keduanya mahasiswa FIB UNEJ. Kegiatan webinar akan dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Sastra Inggris FIB UNEJ, Indah Wahyuningsih, S.S., M.A.

Nugraheni Eko Wardani (nugraheniekowardani_99@staff.uns.ac.id) yang akan menjadi narasumber, telah memiliki banyak pengalaman dalam research and development. Perempuan kelahiran Magelang, 16 Juli 1970, ini menyelesaikan Pendidikan S-1 di UNS, S-2 di UGM, dan S-3 di UNJ. Selain memiliki pengalaman sebagai Kepala Laboratorium dan Koordinator SPME Unit Penjaminan Mutu FKIP UNS, Nugraheni juga menjadi reviewer beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI, reviewer penelitian nasional DRTPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan mitra bestari sebagai reviewer beberapa jurnal nasional.

Nugraheni juga aktif di beberapa organisasi profesi, yakni HISKI (Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia), Adobsi (Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia), ADRI (Asosiasi Dosen Republik Indonesia), dan ATL (Asosiasi Tradisi Lisan). Karya kreatifnya dalam puisi, yakni Sosilokui Sketsa Nurani: Antologi Puisi dan Yogya dalam Nafasku: Antologi Puisi Indonesia-Malaysia Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

Karya ilmiah yang telah dihasilkan di antaranya berupa buku/bookchapter “Strategi dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra” dan “Citra Perempuan Jawa dalam Serat Candrarini Karya Pakubuwono IV, Serat Wulangreh Putri Karya Pakubuwono V, dan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam”. Artikel terbaru pada jurnal internasional, di antaranya “Mapping Wayang Traditional Theatre As A Form of Local Wisdom of Surakarta Indonesia” (Asian Journal of   Social Sciences and Humanities) dan “The Kings and Wisdoms in Surakarta and Yogyakarta Folktales” (KnE Social Sciences). Hasil riset terbarunya adalah “Pengembangan Teater Tradisional Wayang dan Inovasinya bagi Siswa SD di Surakarta” dan “Pengembangan Teater Tradisional Ketoprak dengan Pendekatan Tekstual, Teatrikal, dan Sosiobudaya untuk Mengembangkan Industri Kreatif Seni Budaya”.

Kembali ke persoalan yang muncul dalam research and development. Bagaimana esensi dari “penelitian dan pengembangan” dalam ranah sastra? Dapatkah model kajian tersebut diterapkan di luar bidang pendidikan? Karakteristik (variabel/instrumen) seperti apa yang membedakan model metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (mixed method)?

Untuk menjawab serangkaian pertanyaan itu, mari kita simak paparan pakar penelitian dan pengembangan sastra dalam Webinar NGONTRAS#26.

Peserta yang akan mengikuti acara NGONTRAS#26, Sabtu, 23 September 2023, pukul 10.00—12.00 WIB (Ruang zoom dibuka pukul 09.30 WIB), tidak perlu mendaftar dan cukup klik pada Join Zoom Meeting: https://bit.ly/NGONTRAS_26, Meeting ID: 925 6192 4450, Passcode: HISKI-26.

Peserta yang sebelumnya belum masuk Grup WA, sekali lagi, yang belum masuk, diharapkan berkenan masuk grup dengan tujuan untuk memudahkan mendapatkan informasi kegiatan NGONTRAS secara berkelanjutan, dengan klik https://bit.ly/GRUP-C_NGONTRAS.

Peserta juga dapat mengunjungi Portal HISKI Jember untuk mengunduh secara gratis file buku dan prosiding, dengan klik https://hiskijember.fib.unej.ac.id/. Atau menyaksikan rekaman NGONTRAS sebelumnya melalui Kanal Youtube HISKI JEMBER OFFICIAL dengan klik https://bit.ly/YoutubeHISKIJember.

Peserta dipersilakan mengunjungi dan menyitasi artikel-artikel yang dimuat dalam Jurnal Semiotika, terbitan Jurusan Sastra Indonesia FIB UNEJ. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA.***

Related Posts