Serentak: Pelantikan UKM dan HMJ di Lingkungan FIB-UNEJ

Sebanyak 10 Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) yang terdiri dari 6 Unit Kegiatan Mahasiswa (ukm) dan 4  Himpunan Mahasiswa Jurusan  (HMJ) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember pada Senin, 15 Januari 2018 secara langsung dilantik oleh Dekan. Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum sangat bangga dengan kepengurusan baru. Dekan berharap dapat bersinergi dengan baik bersama UKM dan HMJ karena pada dasarnya memiliki visi dan misi yang sama yaitu untuk membangun FIB lebih baik.

Apresiasi Dekan kepada kepengurusan yang baru. Peridodisasi kepengurusan secara serentak diawal tahun 2018 ini merupakan suatu awal keberhasilan dari Wakil Dekan III, Sunarlan. Menjadi pengurus UKM dan HMJ itu suatu keberhasilan mahasiswa. Anda telah memiliki 2 syarat yang tidak semua dimiliki oleh mahasiswa yang lain, yaitu:

  1. punya kemampuan, dan
  2. punya kemauan

tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan untuk berorganisasi, adakalanya punya kemampuan tapi tidak mempunyai kemauan, begitu sebaliknya ada yang mempunyai kemauan tetapi tidak memiliki kemampuan. Anda adalah yang memiliki kemauan dan juga kemampuan. Dekan juga berharap kegiatan dan aktifitas mahasiswa berorientasi pada peningkatan berkreasi dan berprestasi. Untuk menunjang kegiatan UKM dan HMJ, Dekan telah mengalokasikan dana sebesar 10 juta untuk kegiatan UKM dan HMJ. Sealin itu, Dekan juga akan mensuport 2 kegiatan dalam berkesenian dan tulis menulis untuk berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk menunjang kegiatan setiap UKM dan HMJ didampingi seorang dosen pembina. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi jembatan komunikasi dengan dekanat, bukan untuk memutus komunikasi dengan mahasiswa, kata Dekan. Kami menyadari bahwa jiwa kami sebenarnya sama, tetapi itu 35 tahun yang lalu saat menjadi mahasiswa. Ini dimaksudkan agar komunikasi antara birokrasi dan mahasiswa yang adakalanya tidak sejalan, dengan adanya dosen pembina diharapkan dapat menjadi jembatan yang baik dalam berkomunikasi. Kita tidak ingin adanya kesalahpahaman dalam memaknai birokrasi yang ada. Kami sadar bahwa kemauan mahasiswa jaman now tidak sama dengan jaman dulu.

Melalui komunikasi yang baik, Dekan berharap dapat memenuhi semua kebutuhan mahasiswa termasuk UKM dan HMJ. Dekan menyadari bahwa fasilitas mahasiswa termasuk UKM dan HMJ belum sepenuhnya dapat terpenuhi. Dekan berharap kedepan semua yang dibutuhkan oleh UKM dan HMJ sedikit demi sedikit memenuhi standart kebutuhannya. Dicontohkan untuk UKM pecinta alam “SWAPENKA” belum memiliki peralatan climbing. Sama seperti UKM DKK sampai saat ini belum memiliki alat berkesenian, kedepan supaya ada alat berkesenian yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan. Sudah waktunya untuk memeliki peralatan sendiri, juga perahu karet.

Kalau dalam satu periode tidak bisa diwujudkan bisa juga dengan beberapa periode. Terkait dengan penggunaan peralatan tentu saja melalui komunikasi yang baik dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah disepakati bersama. Kalaupun ada peralatan yang rusak karena sering dipergunakan, itu akan lebih baik daripada peralatan itu rusak karena tidak dipergunakan.

Dekan berharap melalui komunikasi yang baik, tidak ada kesalah pahaman dan prasangka baik oleh mahasiswa maupun dekanat. Untuk menghindari hal tersebut, Dekan berharap kepada Wakil Dekan III perlu adanya evaluasi melalui pertemuan secara periodik antara dekanat dan UKM/HMJ. /hasan

Kalau ada persoalan jangan mengendap terlalu lama

Kalau ada permasalahan selalu ada solusinya.

Download Pelantikan

10 Ormawa tersebut adalah:

  1. EDSA
  2. IMASIND
  3. LEKFAS
  4. HIMAFISI
  5. DKK
  6. PORSA
  7. BKMS
  8. LPMS
  9. PSM
  10. SWAPENKA

Written by