Sederet Acara Mengisi Bulan Bahasa di Fakultas Sastra Unej

IMG_1013

Seminar Tematik Berbasis Riset “Ragam Rupa Lokalitas Dalam Perspektif Kritis” pada Bulan Bahasa Tahun 2015 di Fakultas Sastra dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Sastra Universitas Jember, Dr. Hairus Salikin, M.Ed pada Rabu, 2 November 2015 bertempat di Aula Fakultas Sastra Universitas Jember.

Seminar Tematik Berbasis Riset untuk menyambut BULAN BAHASA 2015 di Fakultas Sastra Universitas Jember Mengangkat Tema “Ragam Rupa Lokalitas Dalam Perspektif Kritis.”

Dr. Ikwan Setiawan sebagai ketua panitia Bulan Bahasa menyampaikan alasan utama kenapa tema itu yg diangkat adalah karena lokalitas tidak bisa diposisikan sebagai ruang romantik-tradisional, seperti 50 tahun lalu. Sudah banyak yang berubah, dan kalaupun masih ada karakter dan ekspresi kultural warisan moyang, transformasi di sana sini sudah dan sedang berlangsung. Selain itu, saat ini ruang, masyarakat, dan budaya lokal sudah diwarnai oleh bermacam negosiasi kepentingan; dari para elit politik, tokoh adat, masyarakat biasa, seniman hingga rezim negara. Maka, membicarakan lokalitas secara kritis berarti membedah beragam praktik dan orientasi dalam kehidupan lokal; bukan lagi membayangkannya dalam kerangka beku.

Lebih lanjut Ikwan menyampaikan beberapa isu yang diangkat dari hasil penelitian para dosen antara lain: (1) masyarakat perkebunan dlm dinamika perubahan ekonomi dan sosial; (2) isu ekologis; (3) sastra, negara dan agama di ruang lokal; (4) pengetahuan Jawa dalam perubahan zaman; (5) politik identitas dan tarikan kepentingan. Semua tema tersebut disajikan dalam suasana seminar yang santai.

Adapun para pembicara dalam seminar 2 Desember adalah: Nawiyanto, Ph.D, Dr. Tri Chandra Aprianto, Dr. Eko Chris, Dra. Latifatul Izzah, M.Hum. Sementara pembicara pada 3 Desember adalah: Hat Pujiati, M.A, Abubakar Muhammad Ramadan, M.A, Ali Badrudin, M.A, dan Dr. Ikwan Setiawan, MA.

Paling tidak, seminar ini bisa menyebarluaskan gagasan bahwa sudah bukan saatnya lagi akademisi memproduksi pengetahuan tentang lokalitas tanpa menimbang realitas perubahan dan konteks ekonomi politik yg melatarinya. Menegaskan faktor tersebut sama saja dengan “memuseumkan sang lokal dalam diorama yang selalu tampak indah.”

Download Makalah:

Merawat dan Menginvestasi Tradisi : Dr. Ikwan Setiawan, M.A.

Salam dari Brang Wetan
IKWAN SETIAWAN
MATATIMOER

IMG_1038 IMG_1052 IMG_1053 IMG_1106 IMG_1129 IMG_1148 IMG_1184

Rangkaian Bulan Bahasa Tahun 2015 di Fakultas Sastra direncanakan akan berlangsung dalam beberapa hari dengan berbagai kegiatan seminar dan workshop dengan jadwal sebagai berikut:

IMG_6770

 

 

Written by