[:en]Role Analysis Genie Figure in Advertising of Djarum 76 version “Teman Hidup”[:id]Analisis Peran Tokoh Jin dalam Iklan Djarum 76 versi “Teman Hidup”[:]

[:en]Achmat Fatoni 

 

ABSTRACT

Limitations in the television advertising of tobacco products encourages advertisers to think more creatively in packaging advertising tobacco products. Advertising of tobacco products must not display tobacco products as well as the form and use. Tobacco products could only display the image or the image of the product. This is exactly the basis of this study with the object of study of television advertising Cigarettes Djarum 76 version of “Teman Hidup”. The problem of this research is focused on how the role of Jin figures in advertising Djarum 76 version of “Friends Life”. The purpose of this research is conducted to see how filmmakers portray Jin characters that have a major role in advertising and analyzing the visual signs that appear. This study uses qualitative research methods and approaches Sandres semiotics Charles Pierce. Data collection techniques used in this research is observation, literature study and documentation study. The results of this study are expected to reveal how the role of Jin figures in advertising Djarum 76 version of “Teman Hidup”.

Key word : Advertisement, Figure Representation, Semiotic.[:id]Achmat Fatoni

  

ABSTRAK

Keterbatasan televisi  dalam mengiklankan produk rokok mendorong para pembuat iklan untuk berfikir lebih kreatif dalam mengemas iklan produk rokok. Pengiklanan produk rokok tidak boleh menampilkan produk rokok sebagaimana wujud dan penggunaanya. Produk rokok hanya boleh menampilkan image atau citra dari produk. Hal tersebutlah yang menjadi landasan penelitian ini dengan objek kajian iklan televisi Rokok Djarum 76 versi “Teman Hidup”.Masalah penelitian ini difokuskan pada bagaimana peran tokoh Jin dalam iklan Djarum 76 versi “Teman Hidup”. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana sineas menggambarkan tokoh Jin yang mempunyai peranan besar dalam iklan dan melakukan analisis terhadap tanda-tanda visual yang direpresentasikan pada tokoh Jin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan semiotika Charles Sandres Pierce. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkap bagaimana peran tokoh Jin dalam iklan Djarum 76 versi “Teman Hidup”.

Kata kunci : Iklan, Representasi Tokoh, Semiotika.[:]