Imti Mukhasanah
Abstrak
Televisi dianggap sebagai media hiburan yang mudah, murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Iklan televisi menjadi salah satu media yang banyak diminati pengusaha untuk mempromosikan produk atau jasa. Sebagai daya tarik pesan dalam iklan, sineas menggunakan perempuan sebagai objeknya. Perempuan direpresentasikan sebagai bukan dirinya melainkan orang lain. Berbagai simbol feminisme digunakan oleh sineas iklan untuk membentuk perempuan sedemikian rupa sesuai dengan realita sosial yang selama ini dianggap sepantasnya, namun ternyata terdapat bias gender yang dilekatkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif dengan metode penulisan deskriptif. Pendekatan semiotika Charles S Peirce yang digunakan dan diharapkan mampu mengungkapkan makna dibalik simbol feminisme. Metode observasi tak berperan, perekaman, dan studi pustaka digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perempuan dalam iklan yang direpresentasikan sebagai karakter feminin melalui tata rias atau wardrobe, aksesori dan simbol feminisme lainnya yang digunakan dalam iklan.
Kata Kunci : Iklan, Representasi, Semiotika ,Simbol Feminisme