Rektor UNEJ Bersama Mahasiswa FIB Menerima Penghargaan Dari USAID

Siti Maimunah, Mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember berhasil menaikkan omzet sebuah usaha mikro milik warga Jember. Siti Maimunah termasuk salah satu peserta KKN tematik Kewirausahaan Universitas Jember. Usaha mikro Kios Baju “Lokatara” di jalan Moh.Yamin, Jember setelah mendapat pendampingan dari Siti Maimunah dari omzet 3 juta mengalami lonjakan kenaikan yang luar biasa hingga 60 juta perbulan.

Atas prestasi Siti Maimunah (5/10) Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development, USAID) memberikan penghargaan. Penghargaan dari USAID secara daring diterima oleh Rektor Universitas Jember bersama Siti Maimunah.

Konferensi digelar oleh Mitra Kunci USAID bekerjasama dengan Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Universitas Jember menjadi salah satu dari 10 Perguruan Tinggi Negeri dan 3 Politeknik Negeri di Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan hari itu.

Siti Maimunah menyampaikan bahwa : “Ada tigal hal yang saya lakukan di Lokatara, pertama memetakan pelanggan. Diantaranya jika menyasar pelanggan menengah ke bawah maka desain kaos biasanya memakai warna-warna dasar yang ngejreng, namun untuk pelanggan menengah ke atas kita pakai warna pastel yang lebih adem. Kedua pembenahan toko, kita buat lebih menarik dengan display yang unik dan menyesuaikan dengan tema yang lagi ngetrend. Ketiga, membuat program pemasaran yang inovatif, misalnya jika pelanggan membeli kaos maka akan mendapatkan hadiah tertentu,” ungkap Siti Maimunah.

plt. Dirjen Dikti, Prof. Nizam memberikan apresiasi dan tanggapan positif atas prestasi Siti Maimunah. Menurutnya saat ini Kemendikbudristek melalui Ditjen Dikti memfasilitasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dan passion di bidang wirausaha melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). “Bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha bisa mengembangkan program wirausaha selama tiga semester dan akan diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Dan bagi mahasiswa yang memiliki ide usaha atau sedang membangun usaha rintisan bisa bergabung ke kedaireka.id. Dimana kedareka.id adalah wahana bertemunya mahasiswa dengan para pemangku kepentingan seperti kalangan industri atau investor. Sudah ada dua puluh lima ribu lebih mahasiswa yang bergabung di kedaireka.id,” kata Nizam.

 

Written by