Program Studi Sastra Indonesia Gelar Webinar Kuliah Tamu Pengembangan Kemampuan Mahasiswa

Jember (Kamis, 12/08/2021). Program Studi Sastra Indonesia menyelenggarakan Webinar Kuliah Tamu dengan topik Pengembangan Kemampuan Mahasiswa dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting. Kegiatan ini terselenggara hasil kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Malang, Dispusip Kabupaten Banyuwangi, dan Radar Jember Jawa Pos Group.

Kegiatan Webinar Kuliah Tamu merupakan bagian dari program kerja Program Studi Sastra Indonesia dalam bidang-bidang profesional yang berkolerasi dengan ilmu bahasa dan sastra melalui kuliah tamu. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Sukarno, M.Litt. Kegiatan selain dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia juga seluruh pimpinan fakultas dari wakil dekan hingga ketua program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB Universitas Jember Dr. Agustina Dewi Setyari, M.Hum. mengatakan intinya pelaksanaan webinar ini sebenarnya berkaitan dengan program magang MBKM. Magang bagi mahasiswa harus di tempat yang sudah memiliki Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Ilmu Budaya. Bawaslu Kabupaten Malang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, dan Radar Jember telah terjalin kerjasama dengan FIB Universitas Jember. Ketiga lembaga ini mewakili dari kalangan media, institusi pemerintah, dan institusi publik.

Webinar mendatangkan pembicara dari Bawaslu Kabupaten Malang Dr. Abdul Allam Amrullah, S.S.,M.A. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi Yusuf Khoiri, S.STP (Pustakawan Ahli Muda). dan MS Rasyid General Manager Radar Jember. Moderator webinar oleh Edy Haryadi, S.S.,M.Si.

Pembicara pertama, Dr. Abdul Allam Amrullah, S.S.,M.A. mempresentasikan materi terkait dengan program magang. Menurut Abdul Allam bahwa manfaat program magang bagi mahasiswa antara lain mahasiswa mempraktekkan ilmu yang didapat di kampus, gambaran nyata dunia kerja, perluas jaringan dan koneksi, dan belajar keterampilan kerja yang baru.

Pembicara kedua, Yusuf Khoiri, S.STP. mempresentasikan materi berjudul “Bersama Kita Bisa”. Menurut Yusuf, “FIB memiliki SDM yang sangat luar biasa dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki praktek langsung di dunia kerja yang mungkin lebih dikuasai. Jadi mengapa saat ini kami memandang penting untuk menyampaikan agar ketika nanti mahasiswa melakukan magang ada gambaran yang lebih jelas dan lebih konkret apa yang bisa dilakukan.”

Pembicara ketiga, MS Rasyid mempresentasikan materi terkait magang di media massa. Ketika mahasiswa maka ada banyak hal yang bisa diperoleh, seperti eksplorasi pengetahuan dan kemampuan, belajar langsung dari praktisi, mengetahui secara langsung tuntutan di dunia kerja, memperluas networking, dan mengetahui secara langsung persoalan yang terjadi dalam dunia kerja. Di Radar Jember memiliki banyak platform media dan beberapa peluang SDM seperti menjadi wartawan, redaktur, copy editor, dan disaniner dan lay outer. Ada juga konten creator. Di bidang Non Redaksi terdiri atas iklan yang meliputi tim kreatif iklan, marketing, copywriter, dan disainer iklan.

Selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan dialog interaktif antara pembicara dengan peserta. Ada total hampir 200 peserta via zoom meeting dan disiarkan langsung via akun YouTube. (BAK)

Written by