POLA-POLA KOMUNIKASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR KALIPAIT KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI (SUATU TINJAUAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI)

Reta Puspita Wibowo

 

Abstrak

Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian etnografi. Penelitian ini dilakukan atas dasar pengalaman penulis di lapangan ketika mengamati praktik transaksi “agak berbeda” dengan praktik transaksi pada umumnya dengan sistem tawar-menawar intensif antara penjual dan pembeli. Tujuannya adalah mendeskripsikan pola-pola komunikasi yang terbentuk melalui proses interaksi dan mengungkap tema budaya yang terkandung dalam aktivitas interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan analisis etnografi model James P. Spradley (1977) yang mencakup analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan tema budaya. Kegiatan analisis data untuk memahami proses-proses interaksi dan makna komunikasi dipandu dengan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead, teori tindak tutur J. Austin, dan prinsip kerja sama dalam percakapan dari Peul Grice. Hasil penelitian ini ditemukan tema budaya khusus yakni, kejujuran yang melandasi sikap saling mempercayai (trust) dan saling menghargai merupakan syarat mendasarberlangsungnya kegiatan jual beli dan agar hubungan kerja sama antarpersonal (penjual dan pembeli) yang sudah terjalin baik tetap terjaga, stabil, dan berkelanjutan. Selain itu, juga ditemukan tema bawahan yakni: (1) dalam kesepakatan jual beli, penyerahan uang dan barang yang diberi potongan harga merupakan strategi ekonomi untuk menarik pembeli menjadi pelanggan, sehingga terbangun kerja sama jangka panjang yang menguntungkan kedua pihak, yakni penjual dan pembeli dan (2) dalam kesepakatan jual beli, pemberian bonus kepada pembeli pelanggan merupakan strategi ekonomi untuk mempertahankan hubungan transaksi yang telah terbentuk.

 

Kata Kunci : interaksi komunikatif, penjual-pembeli, etnografi

komunikasi, pasar tradisional, tema budaya.

 

Written by