PILIHAN BAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI ANTARA MLIJO DENGAN PEMBELI DI KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

 

SITI WAHIDATUL HABIBAH

 

ABSTRAK

Bahasa adalah sarana untuk menyampaikan dan menerima suatu tuturan dalam bentuk informasi teratur  berupa tanda yang berkaitan dengan segala aspek kehidupan masyarakat. Pilihan bahasa merupakan aktivitas memilih keseluruhan bahasa (whole languange) sebagai alat interaksi dan komunikasi dalam sebuah peristiwa tutur. Artikel ini mendeskripsikan pilihan bahasa dalam jual beli antara mlijo dengan pembeli etnik Jawa, etnik Madura, dan etnik lain, serta faktor-faktor yang melatarbelakangi proses pilihan bahasa dalam jual beli di mlijo antara pembeli etnik Jawa, etnik Madura, dan etnik lain. Manfaat dari penelitian ini, untuk menambah khasanah kajian tentang komunikasi pada pemilihan bahasa dalam masyarakat multilingual, khususnya di bidang sosiolinguistik. Hasil penelitian menjelaskan pilihan bahasa dengan pembeli etnik Jawa, Madura, dan etnik selain Jawa dan Madura yang sudah menjadi pelanggan dan akrab, pilihan bahasa dengan pembeli yang sudah menjadi pelanggan tapi kurang akrab, dan pilihan bahasa dengan pembeli yang tidak dikenal. Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan bahasa yang digunakan antara mlijo dengan pembeli terdapat tiga faktor utama, yaitu: faktor sosial, faktor psikologis, dan faktor budaya. Dalam hal ini faktor jarak sosial, kebutuhan mitra tutur dan faktor kebiasaan menjadi paling dominan penggunaannya oleh mljo etnik Madura.

 

Kata kunci: multilingual, sosiolinguistik, mlijo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Written by