Pesan Dekan: Yang Terbaik Jadilah Orang Bermanfaat

Dekan, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt dalam acara Yudisium Sarjana dan Magister (4/3) berpesan kepada 54 alumni Sarjana dan Magister Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember setelah kembali ke masyarakat menjadi orang yang bermanfaat. “Yang terbaik jadilah orang yang bermanfaat, Khoirunnas anfauhum linnas”, kata Sukarno.

Upacara yudisium sarjana dan magister serta penetapan mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember pada periode 3 tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan secara daring. “Hal ini mengingat meningkatnya pandemi covid-19 di FIB dan juga UNEJ”, kata Sukarno. Walaupun demikian pelaksanaan yudisium dapat berjalan dengan baik dan khidmat. ini semua demi saling menjaga, dan atas semua kerja para tim pelaksana terutama tim zoom, Sukarno menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi.

Sukarno juga menyampaikan selamat atas keberhasilan para yudisi baik sarjana maupun magister yang telah bekerja keras dan berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ilmu Budaya Unviersitas Jember. Kepada orang tua, kami juga menyampaikan terimakasih dan selamat telah mengantarkan putra-putrinya menjadi sarjana dan magister.

Sukarno juga berpesan kepada semua alumni untuk terus menjalin hubungan. “Kami berharap setelah Anda lulus dan menjadi alumni untuk tetap terjalin komunikasi dan hubungan yang baik melalui jaringan alumni.” Sukarno juga mendoakan kepada yudisi untuk segera mendapatkan pekerjaan bagi yang belum bekerja. Bagi yang ingin melanjutkan studi, Sukarno berpesan untuk melanjutkan studi pada program linguistik di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Sukarno juga menjelaskan bahwa FIB sedang menyusun nomenklatur untuk bisa segera membuka program doktor ilmu-ilmu humaniora. Sehingga para alumni magister linguistik juga bisa melanjutkan studinya pada program doktor di FIB-UNEJ.

Adapun 54 yudisi sarjana dan magister tersebut meliputi:

  1. Jurusan Sastra Inggris sebanyak 12 orang
  2. Jurusan Sastra Indonesia sebanyak 12 orang
  3. Jurusan Sejarah sebanyak 23 orang
  4. Program Studi Televisi dan Film sebanyak 3 orang, dan
  5. Program Studi Magister Linguistik sebanyak 4 orang

Yudisi sarjana yang dinyatakan lulus dengan waktu tercepat yaitu 4 tahun 3 bulan 5 hari dengan IP 3,71 diraih oleh Safiatul Jariyah, S.Hum dari jurusan Sejarah. Sedankan lulusan dengan Indeks Prestasi (IP) tertinggi yaitu 3,94 diraih Fitriah Ika Sari, S.Hum dari jurusan Sejarah juga. Sementara dari Magister Linguistik baik tercepat mupun IP tertinggi diraih Yuvita Ardi Yuwana, S.Pd., M.Li yaitu 3,71 dengan lama studi 2 tahun 3 bulan 24 hari.