Pesan dan Motivasi untuk Yudisi dari Angky Bayu P

Dekan, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt pada 7 September 2023 melepas 130 lulusan, 1 orang magister, 46 Sarjana Sastra Inggris, 22 Sarjana Sastra Indonesia, 18 Sarjana Humaniora dan 43 Sarjana Seni.
Dalam kesempatan itu, seorang alumni Ilmu Sejarah angkatan 2001 bernama Angky Bayu P secara virtual memberikan motivasi kepada para yudisi. Angky Bayu P saat ini bekerja di lembaga penelitian survey meter Yogyakarta. Menurut Angky Bayu, ilmu yang didapatkannya dari Ilmu Sejarah Fakultas Sastra yang sekarang Fakultas Ilmu Budaya sangat berguna pada bidang kerja yang digelutinya. Pendekatan ilmu humaniora sangat membantunya ketika melakukan berbagai tema penelitian selama 16 tahun. Baik dalam penelitian dengan metode kuantitatif terlebih kualitatif.
Angky mencontohkan tatkala dirinya mewawancarai beberapa orang petani tembakau di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam penelitian tersebut, Angky harus menggali informasi lebih dalam kepada responden atau nara sumber. Angky tidak merasa menjadi halangan, karena selama kuliah pernah mendapatkan mata kuliah oral history yang mengajarkan saya untuk lebih dalam menggali informasi.
Selain ilmu pengetahuan selama kuliah, Angky juga merasa terbantu dengan keaktifannya berorganisasi dalam bersosialisasi dengan masyarakat untuk menggali informasi dan mengumpulkan data-data pendukung perkerjaannya. Angky yakin bahwa lulusan FIB memiliki kompetensi yang dapat bersaing untuk terlibat dalam dunia pekerjaan termasuk bidang penelitian. Dengan ketekunan dan konsistensi untuk tidak bosan mempelajari berbagai tema penelitian. Angky sangat yakin lulusan FIB dapat turut serta berperan aktif dalam ranah penelitian di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memabantu menyusun atau membuat kebijakan berbasis data. Semoga FIB UNEJ dapat terus berkembang dan tetap menjadi pusat lahirnya agen perubahan yang berkualitas, kreatif, dan berdaya saing. “Tetap semangat, percaya diri, dan yakin setiap usaha tidak menghianati hasil. Terimakasih,” tutup Angky.
Baca Juga: Kuota wisuda terbatas tidak semua lulusan fib wisiuda

Related Posts