Lulus Bukan Akhir Perjalanan Tapi Awal Perjalanan Hidup Yang Sesungguhnya

Prosesi pelaksanaan yudisium di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember pada Kamis, 26 Januari 2017 diiringi sambutan haru wakil yudisi dan orang tua wali. Ima Khairun Amala mewakili para yudisi dalam sambutannya merasa sangat haru atas semua perjuangan rekan-rekannya dalam berproses menyelesaikan studi di Fakultas Ilmu Budaya, perjuangan mereka dalam menyelesaikan studi tentu saja tidak lepas dari ketulusan para dosen dalam membimbing studinya. Tak banyak yang Ima ucapkan selain mohon doa restu dari segenap pimpinan, dosen dan civitas akademika serta permohonan maaf selama menempuh studi di Fakultas Ilmu Budaya banyak kekurangan dan kesalahan.

Senada dengan yang diucapkan oleh perwakilan yudisi, Orang tua wali seraya menitikkan air mata haru atas prestasi yang diraih putra-putri mereka dapat menyelesaikan studi Sarjananya di Fakultas Ilmu Budaya seraya berdoa semoga ilmu yang diperoleh putra-putrinya dapat bermanfaat dan menjadi bekal dalam hidup mereka untuk dapat membanggakan keluarga dan masyarakat disekitarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Akhmad Sofyan menyampaikan selamat dan mendoakan kepada para yudisi yang berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ilmu Budaya. Perjuangan kalian dalam menyelesaikan studi tentu tidaklah mudah dan penuh perjuangan, kami juga mengucapkan selamat kepada para dosen yang dengan sabar dan penuh tanggung jawab sehingga berhasil meluluskan mahasiswanya. Kalau sambutan orang tua wali dan wakil yudisi tadi penuh dengan keharuan, maka dalam sambutan saya tidak akan menitikkan air mata haru, saya bangga dan senang dapat melepas para yudisi meraih Sarjana seraya menyampaikan bahwa tipe dosen dan mahasiswa itu pada dasarnya sama ada 3, yaitu:

  1. dosen dan mahasiswa yang biasa
  2. dosen dan mahasiswa yang istimewa, dan
  3. dosen dan mahasiswa yang luar biasa

Tipe dosen yang biasa dimaksud adalah dosen yang memberikan ilmunya serta membimbing mahasiswa dengan sabar dan memahami ilmu sehingga dapat dimengerti oleh mahasiswanya dan keilmuannya itu membuahkan hasil yang baik bagi dirinya dan mahasiswanya. tipe dosen yang istimewa adalah tipe dosen yang keilmuannya istimewa sehingga dibutuhkan pemahaman yang istimewa baik bagi dosen maupun mahasiswanya, kadang kala dibutuhkan keseriusan yang istimewa pula dalam memahami cara menyampaikan ilmunya dan bisa difahami oleh mahasiswanya. Yang paling berkesan adalah tipe dosen yang luar biasa, karena dalam menyampaikan ilmunya kadang kala tidak bisa difahami oleh mahasiswanya bahkan boleh jadi dosennyapun belum faham akan ilmu yang disampaikannya. Begitu juga dengan mahasiswa, ada mahasiswa yang biasa yang semua ilmu dapat difahami biasa saja. Mahasiswa yang istimewa membutuhkan perhatian khusus baik dalam penerimaan ilmu maupun pembimbingan skripsinya. Mahasiswa yang luar biasa ini justru yang paling susah dalam proses pemahaman ilmunya, sampai-sampai untuk lulus satu mata kuliah harus diulang beberapa kali, termasuk dalam pembimbingan skripsi sampai-sampai harus di telpon berkali-kali untuk segera melakukan penyusunan skripsi dan bimbingan belum juga berhasil menyelesaikan studinya. Terang saja apa yang disampaikan Dekan membuat gelak tawa para yudisi.

Yudisium Sarjana Fakultas Ilmu Budaya periode III tahun akademik 2016/2017 melepas 52 Sarjana baru yang terdiri dari 21 mahasisa jurusan Sastra Inggris, 16 mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, 5 mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah dan 10 mahasiswa Program Studi Televisi dan Film. Prestasi lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Risqiyatul Karomah dari jurusan Sastra Inggris yaitu 3,61 dan lulusan tercepat diraih oleh  Ayu Budiarti dari jurusan Sastra Indonesia dengan lama studi 4 tahun 1 bulan dan 5 hari.

Kepada segenap Sarjana Sastra yang baru, Dekan Fakultas Ilmu Budaya mendoakan :

  1. Bagi para Sarjana yang ingin melanjutkan studi semoga diberikan kemudahan untuk melanjutkan studinya pada jenjang yang lebih tinggi (S2 dan S3).
  2. Bagi para Sarjana yang ingin bekerja semoga mendapatkan pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang lebih baik dan barokah.
  3. Bagi para Sarjana yang ingin mendapatkan jodoh semoga mendapatkan jodoh yang baik dan setia.

Pesan Dekan Fakultas Ilmu Budaya kepada para alumni senantiasa membawa nama baik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dimanapun berada. Kami bangga pernah menjadi bagian dalam proses kalian menimba ilmu dan ini bukan akhir dari perjalanan Anda, semoga langkah kalian dalam menuju proses yang sesungguhnya dapat selalu menjaga nama baik sesuai dengan sumpah alumni kalian.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Paduan Suara Mahasiswa (PSM FIB) dimana mahasisa yang lain sedang liburan dan mungkin sedang melakukan perbaikan gizi dirumah sementara PSM FIB dengan ikhlas tetap berada di kampus menyumbangkan waktu dan suaranya untuk suksesnya pelaksanaan Yudisium Periode III TA 2016/2017.

Written by