Tulisan Argumentatif Pembelajar Bahasa Asing: Analisis Appraisal

Muhammad Hasbillah

 

Abstrak

Artikel ini membahas penggunaan bahasa evaluatif dalam tulisan argumentatif berbahasa Inggris yang ditulis oleh dua belas pembelajar bahasa asing. Tujuan utama kajian ini adalah menjelaskan beberapa perbedaan dalam memberikan evaluasi antara esai dengan nilai tinggi dan rendah. Inti dari ungkapan-ungkapan evaluatif ini dapat dijelaskan melalui pendekatan Appraisal yang direpresentasikan dalam sistem ATTITUDE, ENGAGEMENT dan GRADUATION. Dasar analitik teori Appraisal merupakan pengembangan dari konsep Linguistik Fungsional Sistemik (SFL) dalam lingkup bahasan komponen interpersonal. Hasil penelitian mengungkap bahwa esai dengan nilai tinggi menampilkan lebih banyak nilai-nilai evaluatif Appraisal untuk membangun sebuah argumentasi, sebaliknya esai dengan nilai rendah cenderung memberikan lebih sedikit fitur Appraisal. Selanjutnya dalam penilaian kritisnya, esai yang baik memiliki proporsi yang relatif seimbang untuk membuka atau menutup ruang dialogis terhadap pandangan alternatif calon pembaca dibandingkan dengan esai kurang baik yang memberikan ruang dialogis yang lebih tertutup. Berkaitan dengan nilai up-scaling atau down-scaling, esai dengan nilai tinggi mampu memberikan intensifikasi lebih baik dengan menggabungkan beberapa item Appraisal yang saling mempengaruhi sehingga mampu membentuk persuasi yang kuat, berkebalikan dengan esai dengan nilai rendah. Memberikan lebih banyak pengenalan pada penggunaan kata-kata evaluatif dalam instruksi pengajaran writing akan menjadi suatu upaya yang berguna untuk memberikan kesempatan bagi pembelajar dalam hal membangun gagasan yang kuat dan membentuk sebuah argumentasi yang baik dan efektif.

 

Kata kunci: item appraisal, tulisan argumentatif, pembelajar bahasa asing, evaluasi

Written by