DPL MBKM Prodi Ilmu Sejarah Berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

Dosen Pembimbing Lapangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (DPL MBKM) Program Studi Ilmu Sejarah, Drs. IG Krisnadi M.Hum (15-16/9) melakukan kunjungan kepada mahasiwa yang melaksanakan kegiatan magang MBKM selama 1 semester di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Krisnadi bertemu dengan pimpian Bidang Penyelamatan dan Pendayagunaan Arsip, Drs. Tidor Arif T. Djati, M.M dan staf. Mahasiswa magang program MBKM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dari Prodi Ilmu Sejarah sebanyak 6 mahasiswa.

Dalam pernyataannya, Drs. Tidor Arif T. Djati, M.M, menyambut baik kegiatan magang MBKM di kantornya. Mahasiswa magang digembleng melalui praktik langsung dalam di Divisi Pelayanan Umum, Pengolahan Arsip, Digitalisasi Arsip, Wisata Arsip, dan Akuisisi Arsip.

Dalam kegiatan magang para mahasiswa didampingi dan diarahkan oleh pegawai Bapersip yang telah kaya pengalaman dalam bidangnya. Dalam program magang MBKM, mahasiswa tersebut harus melakukan magang selama 840 jam kerja. Untuk memenuhi 840 jam kerja magang, mahasiswa melakukan beragam pekerjaan mulai dari membuat naskah sumber sejarah Banyuwangi, Madiun dan Probolinggo, membuat desain poster untuk galeri arsip, turut aktif dalam kegiatan Wisata Arsip via daring (E-Waras), membantu staf untuk melakukan akuisisi arsip di Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, melakukan penerbitan ulang naskah tentang Peristiwa Sekitar 10 November.

Pimpinan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menginginkan mahasiswa magang dari Prodi Ilmu Sejarah, FIB, UNEJ menjadi pioner sosialisasi arsip untuk pembentukan karakter bangsa yang mencintai tanah air dan bangsanya melalui kegiatan E-Waras. Disampaikan pula harapan, Prodi Ilmu Sejarah FIB UNEJ akan terus mengirim mahasiswanya untuk bermagang. Untuk merealisasikan harapan tersebut, pimpinan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berencana segera berkunjung ke FIB, UNEJ.

Kabar gembiranya, kegiatan magang tersebut telah membangkitkan minat berbagai pihak untuk mengikuti program-progran dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Di antaranya muncul permintaan guru dan siswa–siswi SMPK Maria Fatima Jember untuk berpartisipasi dalam kegiatan E-Waras. Melalui kegiatan magang mahasiswa dalam program Merdeka Belajar respon positif lainnya dapat diharapkan akan terus bermunculan.

 

Written by