Dekan Mengapresiasi, Setelah 7 Tahun Akhirnya Mahasiswa Berani Lulus

Upacara Yudisium Periode III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember Periode III Tahun Akademik 2017/2018 pada Rabu, 2 November 2017 diikuti 51 Sarjana berjalan dengan kidmat. Surat keputusan bernomor 3814/UN25.1.6/EP/2018 yang dibacakan Wakil Dekan I, Retno Winarni dalam rinciannya menerangkan:

  1. 19 orang sarjana dari Program Studi Sastra Inggris
  2. 18 orang sarjana dari Program Studi Sastra Indonesia
  3. 7 orang sarjana dari Program Studi Ilmu Sejarah, dan
  4. 7 orang sarjana dari Program Studi Televisi dan Film

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dalam sambutannya menyampaikan:

Apa yang Anda capai tentu tidaklah mudah, tidak hanya keringat tetapi pastinya ada air mata.

Keberanian Anda untuk lulus perlu mendapat apresiasi, karena sebagian dari Anda masih menunda-nunda untuk lulus bahkan ada yang lulus sampai 7 tahun.

Memang tidak mudah untuk lulus, dari waktu 3 tahun 9 bulan Anda bisa lulus tetapi sebagian dari Anda banyak yang bertahan disini hingga 7 tahun. Biasanya Anda berada dalam zona yang nyaman, dimana semua kebutuhan bahkan biaya kuliah sudah ada yang menanggung. Begitu juga ketika Anda dalam zona remaja kini berubah dalam zona dewasa akan penuh dengan tantangan. Orang tua Anda telah banyak berkorban dengan penuh. Kini saatnya Anda untuk berbalik memberikan harapan kepada orang tua. Sudah saatnya Anda untuk membantu mensuport kebahagiaan orang tua. Tantangan kedepan tidaklah mudah, kehidupan sebenarnya tidak mudah untuk ditiru (di kerpek), kehidupan sebenarnya tidak sebisa di copy paste. Sebagai pimpinan, mewakili segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya, kami mendoakan semoga kehidupan kalian kedepan dimasyarakat harus lebih baik dan lebih beruntung, kehidupan Anda harus lebih mawas diri, lebih hati-hati, terpenting kehidupan Anda harus berani jujur dimana jujur tidah hanya tidak berbohong, tetapi jujur dalam kondisi ada kesempatan untuk berbohong. Kelak kami ingin kita berjumpa lagi dalam cerita yang lebih indah. Anda bercerita tentang kesuksesan Anda. Anda bercerita tentang pencapaian Anda yang luar biasa. Sebenarnya berat bagi kami melepas Anda. Tetapi lebih berat lagi tatkala Anda tidak lepas dari kami. Apalagi yang sudah terlanjur lama disini, ada kesan mendalam bagi kami. Buatlah kami bangga karena telah menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Kami mewakili civitas manakala ada salah dan kekurangan mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami sebenarnya ingin memberikan yang terbaik tetapi tentu saja ada kekurangan, tetapi percayalah semakin pahit sebuah perjalanan maka akan semakin mudah untuk dikenang. Kepada segenap orang tua, kami kembalikan putra-putrinya. Perjuangan Bapak dan Ibu sungguh begitu berat dalam mengiringi perjalanan putra-putri. Kami ucapkan selamat telah berhasil hingga menjadi Sarjana. Kami yakin dengan bekal ilmu dari Fakultas Ilmu Budaya, putra-putri dari Bapak dan Ibu sekalian akan menjadi modal utama meniti kesuksesan di masa kehidupan selanjutnya.

Sebagai lulusan dengan prestasi lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi sekaligus dengan lulus tercepat diraih oleh Peni Puji Lestari, S.Sej dengan IPK=3,92 dengan lama studi 3 tahun 9 bulan 14 hari. Peni Puji Lestari merasa bersyukur dan berterima kasih kepada segenap dosen dan karyawan, khususnya dosen ilmu sejarah. Saya juga mengucapkan selamat kepada segenap yudisi yang telah lulus dengan apapun predikatnya. Kita patut bersyukur dan berbangga dengan apa yang telah kita raih. Terlepas dari semua itu, kami juga mohon maaf serta mendoakan semoga Fakultas Ilmu Budaya kedepan menjadi Fakultas yang lebih maju dalam mendidik insan yang lebih berkualitas. (/hasan)

download photo yudisium

Written by