Daya Literasi dan Industri Kreatif: Digitalitas Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pembelajarannya

 

IMG-20151030-WA0003

Tanggal 21-22 Oktober 2015 di Universitas Negeri Jakarta berlangsung Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni. Seminar tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa yang diperingati setiap bulan Oktober. Seminar tersebut menghadirkan delapan pembicara utama dari Thailand, Malaysia, Korea, dan lima lainnya dari dalam negeri. Kedelapan pembicara tersebut memfokuskan pembahasan sesuai dengan bidang keahlian dan minat mereka masing-masing.

Seminar Internasional juga didukung oleh pembicara lain sebagai pembicara pendamping yang berasal dari Papua hingga Padang. Sembilan puluh enam makalah pendamping disajikan  selama dua hari. Keseluruhan makalah tersebut tersimpan dalam prosiding berjudul, Daya Literasi dan Industri Kreatif: Digitalitas Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pembelajarannya (2015) dengan para editor Novi Anoegrajekti, Sudartomo Macaryus, Fathiaty Murtadho, Endry Boeriswati, dan Miftah Khaerah A.

Buku tersebut menjadi penting karena editor utamanya, Novi Anoegrajekti berasal dari Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Jember. Selain itu, empat makalah yang ditulis oleh dosen dari Fakultas Sastra Universitas Jember baik yang ditulis sendiri maupun berkelompok. Para penulis yang terlibat adalah Dr. Akhmad Haryono, M.Pd., Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum., Dra. Latifatul Izah, M.Hum., Dr. Novi Anoegrajekti, M.Hum., dan Dra. Titik Maslikatin, M.Hum. Keterlibatan dosen Fakultas Sastra Universitas Jember sebagai editor dan pemakalah tersebut menjadi salah satu bukti kerjasama antaruniversitas untuk secara sinergis melakukan publikasi dan berusaha mencerahkan masyarakat. (NA)

Written by