Analisa Istilah-Istilah Jual Beli Online dan Respon Pelanggan di dalam Beberapa Website Jual Beli Online

Analisa Istilah-Istilah Jual Beli Online dan Respon Pelanggan di dalam Beberapa Website Jual Beli  Online; Shilviani Juwita Mashaq; 110110101023; 2016; Sastra Inggris; Fakultas Ilmu Budaya; Universitas Jember; 63 halaman.

Penelitian ini berhubungan dengan analisa istilah-istilah jual beli online dan respon pelanggan di dalam beberapa website jual beli online, yaitu twentyone closet, LSEY_store, dan adorable project yang berfokus dalam istilah-istilah jual beli online yang termasuk register, proses pembentukan kata, dan respon pelanggan terhadap penggunaan istilah-istilah tersebut. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan istilah-istilah jual beli online, untuk mengetahui bagaimana istilah-istilah tersebut terbentuk, dan untuk mengetahui bagaimana respon pelanggan terhadap pengguaan istilah-istilah tersebut di dalam jual beli online. Tujuan khusus skripsi ini adalah unruk mendapatkan pemahaman yang mendalam terhadap pengguaanan istilah-istilah jual beli online dan respon pelanggan terhadap istilah-istilah tersebut.

Data yang digunakan di dalam penulisan penelitian ini adalah kwalitatif data, yang dimaksud kwalitatif data di dalam penelitian ini adalah istilah-istilah online shop dan informasi yang digunakan di dalam tiga toko fashion online. Ada tiga metode data koleksi yang digunakan di dalam penelitian ini, yaitu observasi, kuisionaire, dan wawancara  telpon . Observasi bertujuan untuk menemukan semua istilah yang di gunakan di jual beli online melalui beberapa kriteria tertentu. Kuisionaire bertujuan untuk mengetahui pemahaman pelanggan dalam penggunaaan istilah-istilah jual beli online yang digunakan di dalam tiga toko fashion online, dan wawancara telpon bertujuan untuk mengetahui respon pelanggan terhadap penggunaaan istilah-istilah jual beli online yang digunakan di dalam tiga toko fashion online.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 56 istilah-istilah jual beli online yang di gunakan dalam tiga toko fashion online. Dari 56 itilah tersebut, 7 istilah memiliki makna konotatif dan sisanya memiliki makna lexical. Hasil dari observasi pembentukan kata menunjukan dari 56 istilah-istilah tersebut hanya 36 istilah yang mengalami proses pembentukan kata. 36 istilah tersebut terdiri dari 14 istilah sebagai abbreviation, 2 istilah sebagai blending, 1 istilah sebagai compounding, 6 istilah sebagai inflection, 3 istilah sebagai derivation, dan 7 istilah sebagai Indonesia prefix+English morpheme. Analisa terakhir adalah respon pelanggan terhadap penggunaan istilah-istilah jual beli online. Ada dua cara yang dilakukan untuk mengetahui pemahaman pelanggan, yaitu kuisioner dan wawancara telpon. Kuisioner betujuan untuk mengetahui pemahaman pelanggan terhadap penggunaan istilah-istilah jual beli online, dan wawancara telpon bertujuan untuk mengtahui respon pelanggan. Dari 20 pelanggan, hanya 5-10 pelanggan yang memahami pengguaan istilah-istilah tersebut dengan benar. Kebanyakan pelanggan yang memahami pengunaan istilah-istilah jual beli online adalah pelanggan laki-laki. Laki-laki memilihi pemahaman yang lebih baik dari pada wanita. Pemahaman penggunaan istilah-istilah jual beli online dipengaruhi oleh umur, pendidikan, dan pekerjaan. Dari hasil penelitian ini, dapat kita simpulkan bahwa pemahaman seseorang terhadap istilah-istilah jual beli online dipengaruhi oleh umur, pendidikan, dan pekerjaan. Semakin tinggi pendidikan dan pekerjaan seseorang, semakin bagus pula pemahaman mereka terhadap bahasa asing.

 

Written by