Sebuah Kajian tentang Tindak Tutur: Mengungkap Kepribadian James Brown Berdasarkan Tipe Ilokusi yang Paling Dominan Muncul dalam Dialog nya dalam Film Get On Up

RINGKASAN

Sebuah Kajian tentang Tindak Tutur: Mengungkap Kepribadian James Brown Berdasarkan Tipe Ilokusi yang Paling Dominan Muncul dalam Dialog nya dalam Film Get On Up; Alexs Gunawan Ario Yudo, 090110101038; 2016: 251 halaman; Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya.

Kajian-kajian tindak tutur dapat di terapkan dalam beberapa kasus, dalam hal ini, kajian tindak tutur juga dapat di aplikasikan dalam mengungkap kepribadian seseorang. Tindak tutur seseorang dapat di interpretasikan sebagai indikasi kepribadian, karena setiap ucapan yang seseorang ucapkan mencerminkan bagaimana mereka berpikir dan bertindak. Kajian ini dapat di temukan dalam film Get On Up yang menampilkan James Brown sebagai tokoh utama. Riset ini didasarkan pada teori Austin (1962) tentang tindak tutur, teori Searle (1983) tentang lima tindak dasar, teori Brown dan Yule (1983) tentang konteks, teori Yule (1996) tentang syarat tuturan performatif dan teori Wiggins (1996) tentang ciri-ciri lima kepribadian.

Berdasarkan film tersebut, riset ini menggunakan dialog-dialog James Brown dan lawan bicara nya yang telah dipilih sebelum nya. Dialog-dialog tersebut dipilih dengan metode sampel bertujuan. Riset ini di fokuskan pada dialog-dialog James Brown dari awal karir nya hingga wafat. Dialog-dialog tersebut terdiri dari tiga aspek yaitu: (i) lokusioner, (ii) ilokusioner, dan (iii) perlokusioner. Fokus analisis utama dalam riset ini adalah aspek ilokusioner karena dalam aspek ini terdapat arti tertentu dari setiap ucapan seseorang. Ilokuioner dalam ucapan James Brown di kategorikan kedalam empat tipe, yaitu: direktif, representatif, ekspresif dan komisif. Tipe yang paling dominan muncul di interpretasikan sebagai kepribadian James Brown.

Riset ini memiliki dua tujuan, yaitu: (i) menemukan tipe ilokusioner yang paling dominan muncul pada dialog James Brown dalam film Get On Up. (ii) menginterpretasikan tipe ilokusioner yang paling dominan muncul dalam dialog James Brown sebagai kepribadian nya.

Kajian ini di kategorikan dalam riset kualitatif karena berhubungan dengan penjabaran daripada angka-angka (Mackey dan Gass, 2005: 162). Data-data dalam riset ini berbentuk dokumen. Film Get On Up menunjukkan kehidupan James Brown secara keseluruhan. Film ini menceritakan tentang kehidupan James Brown sejak dari anak-anak hingga wafat. Cerita pejalanan hidup yang dalam film ini digambarkan secara lengkap dan detail. Di ceritakan dalam film ini bahwa James Brown adalah seseorang yang mempunyai otoritas lebih dalam menentukan segala hal yang berkaitan dengan musik dan pertunjukan yang James Brown gelar.   Analisis dalam riset ini di fokuskan pada awal karir hingga James Brown meraih kesuksesan dalam industri musik. Penjelasan dari riset ini berisikan interpretasi dari tindak tutur James Brown sebagai kepribadian nya. 50 ucapan James Brown yang telah dipilih sebelum nya di analisa untuk menemukan tipe ilokusi mana yang paling dominan muncul. Hasil dari analisa tersebut diinterpretasikan sebagai kepribadian James Brown yang berdasarkan pada teori Wiggins (1996) tentang ciri-ciri lima kepribadian.

Hasil riset ini menunjukkan bahwa tipe ilokusioner yang paling dominan muncul adalah direktif. Hal ini mengindikasikan bahwa James Brown memiliki tendensi untuk menunjukkan otoritas nya dalam bentuk disiplin diri, bertanggung jawab dan berusaha untuk meraih pencapaian dalam karir nya (Wiggins: 1996). Disiplin diri yang merupakan ciri pertama dari kepribadian James Brown ditunjukkan dengan ketaatan pada peraturan-peraturan yang James Brown terapkan pada diri dan seluruh anggota grup musik nya. Ciri kedua, bertanggung jawab, di representasikan oleh perilaku James Brown yang mana memiliki kredibilitas yang tinggi dalam setiap pekerjaan nya. Ciri terakhir adalah berusaha untuk meraih pencapaian, hal tersebut juga sangat jelas tergambarkan dalam setiap usaha yang James Brown lakukan dalam karir bermusik nya. Berdasarkan teori ciri-ciri lima kepribadian, James Brown di kategorikan memiliki kepribadian yang bersungguh-sungguh.

Written by 

One Reply to “Sebuah Kajian tentang Tindak Tutur: Mengungkap Kepribadian James Brown Berdasarkan Tipe Ilokusi yang Paling Dominan Muncul dalam Dialog nya dalam Film Get On Up”

  1. bismillah, assalamu’alaikum. izin menanyakan apakah saya bisa melihat/mengunduh jurnal lengkap dari ringkasan di atas? terima kasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *