Analisis Semiotika Film Christian Metz: Studi Kasus Visualisasi Pesan Religi Dalam Film Hijrah Cinta

RINGKASAN

Analisis Semiotika Film Christian Metz: Studi Kasus Visualisasi Pesan Religi Dalam Film Hijrah Cinta; Alga Lilis Kusuma Dewi; 110110401012; 125 halaman; Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Film Hijrah Cinta adalah sebuah film biografi yang mengangkat kisah perjuangan hidup Ustad Jefri Al Buchori keluar dari jalan gelap menuju jalan terang Allah SWT. Setengah cerita film ini menunjukkan Uje muda yang ketergantungan pada narkoba. Sosok Jefry ditampilkan selayaknya manusia biasa yang tidak lepas dari perbuatan salah dan dosa. Banyak pesan yang terkandung dalam rangkaian cerita film Hijrah Cinta yang dapat digunakan sebagai tuntunan bagi masyarakat. Pesan dalam film sangat menarik untuk dikaji, sebab saat ini sangat dibutuhkan film-film yang mampu memberikan pesan yang positif bagi penontonnya. Oleh karena itu, Penelitian yang dilakukan membahas tentang visualisasi pesan religi yang terdapat dalam film Hijrah Cinta. Analisis terhadap film Hijrah Cinta menggunakan pendekatan semiotika film yang dikemukakan oleh Christian Metz, sebab Metz membahas mengenai pola pengambilan gambar dan makna dari pengambilan gambar. Penelitian tentang visualisasi pesan religi dalam film Hijrah Cinta juga menggunakan teori psikologi kognitif gestalt milik Wolfgang Kohler. Psikologi kognitif gestalt digunakan untuk memperkuat persepsi visualisasi pesan religi terkait proses belajar manusia yang terdapat dalam film Hijrah Cinta. Pada akhirnya penelitian tidak hanya mengungkapkan visualisasi pesan religi saja, tetapi juga mengemukakan persepsi dari pesan religi yang terdapat dalam film Hijrah Cinta.

Hasil penelitian film Hijrah Cinta dengan metode the large syntagmatic category yaitu visualisasi pesan religi yang terdiri dari 6 sintagma dan 1 autonomous shot. Pesan religi utama yang terdapat dalam film Hijrah Cinta berdasarkan hasil observasi terdiri dari keikhlasan, kesabaran, pantang menyerah dan ketakwaan. Keempat pesan religi kemudian dideskripsikan dengan mengunakan metode semiotika Metz. Pesan keikhlasan tervisualisasikan melalui analisis parallel syntagma, episodic sequence, scene, alternate syntagma. Kesabaran terdapat pada analisis scene dan autonomous shot. Pantang menyerah terdapat pada analisis scene dan ordinary sequence, kemudian ketaqwaan terdapat pada analisis parallel syntagma, scene, autonomous shot, alternate syntagma, dan descriptive syntagma. Keikhlasan dan pantang menyerah menjadi pesan yang dominan muncul ketika Uje belum bertaubat, sedangkan kesabaran dan ketakwaan menjadi pesan yang sering muncul saat Uje telah bertaubat. Analisis terhadap empat pesan religi dalam film Hijrah Cinta menunjukkan bahwa pesan yang ingin disampaikan pada bagian awal film adalah usaha Uje yang penuh dengan cobaan, sehingga dibutuhkan keikhlasan dan pantang menyerah untuk menghadapi kondisi tersebut. Pada bagian tengah hingga akhir film menunjukkan usaha Uje untuk bertahan berjalan pada jalan yang benar, sehingga kesabaran dan ketakwaan menjadi sikap yang harus dimiliki Uje. Pesan-pesan tersebut terangkai secara menarik dalam film Hijrah Cinta. Pesan dalam film Hijrah Cinta menjadi lebih jelas dengan dukungan deskripsi berdasarkan psikologi kognitif gestalt.


Sebuah metode yang digunakan untuk memudahkan pemahaman manusia terhadap suatu masalah. Insight in learning memiliki enam sifat yang digunakan untuk mencapai proses pemahaman. Keenam sifat Insight in learning menjadi sebuah metode untuk mengetahui pemahaman yang telah dicapai oleh Uje setelah dia bertaubat. Pemahaman tersebut terbentuk melalui lima tahapan sifat khas insight sebagai berikut, insight bergantung pada kemampuan dasar manusia, insight bergantung pada masa lampau yang relevan, insight bergantung pada pengaturan secara eksperimental, insight dapat diulang dengan mudah karena sudah terbentuk pemahaman dalam pikiran manusia, dan insight yang telah diproses dapat digunakan untuk menghadapi situasi baru yang lain. Pemahaman yang diperoleh Uje selama proses berubah tersebut adalah hidup dengan baik dan terus berjuang di jalan Allah SWT.

 

Written by