Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 16, 2017 in Berita | 0 comments

Arsip dinamis melalui SIKD Terstruktur dari Pimpinan Sampai Staf

Arsip dinamis melalui SIKD Terstruktur dari Pimpinan Sampai Staf

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) mulai diperkenalkan dan diuji cobakan (16/11) melalui pelatihan kepada tebaga kependidikan di Dakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Pelatihan arsip dinamis di FIB-UNEJ disampaikan oleh Trayo, kasubbagian arsiparis Universitas Jember. Trayo menyampaikan bahwa proses arsip menggunakan SIKD lebih memudahkan dan lebih mudah dalam proses surat hingga menjadi arsip. Jejak arsip akan menunjukkan segalanya, tidak ada dusta diantara kita, tegas Trayo. Karena jejak arsip akan menunjukkan prose persuratan atau kearsipan jejaknya jelas dan tersteuktur dengan baik.

Sistem yang baik tentu saja harus didukung dengan kemampuan SDM-nya. Karena itu sumber daya manusia harus terus ditunjang dengan kemampuan (upgred) dengan pelatihan. SDM juga harus bersinergi, sebab SIKD ini terstruktur dari pimpinan sampai staf.

Dekan, Akhmad Sofyan

Keadaan berubah sangat cepat, perubahan arsip dari statis dan kini bertambah dengan arsip virtual. Kalau dulu kita setiap tanggal 1 punya ritual untuk antri tanda tangan dg mengarsipkan ini uang laki dan yang ini uang istri. Kalau naik motor belum bundas itu belum seberapa. Kita harus menyesuaikan, barangkali dengan arsip dinamis akan semakin cepat. Persoalan arsip tentu saja berkaitan dengan persuratan. Maka dari bawah supaya lebih baik lagi. Jangan asal copy paste.

Kedepan kita harus waspada, jangan sampai asal tanda tangan tetapi tolong supaya dicermati lebih dulu.

Kalau dulu kami merasa bahwa tagihan telepon sangat tinggi, tapi sekarang Alhamdulilah pemakaian telepon sudah tergantikan dengan sistem voip di Universitas Jember. (/hasan)

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »