Naskah Film Televisi Genre Romance Comedy “Pemuda Idaman #ngaca”

RINGKASAN

 

 

Naskah Film Televisi Genre Romance Comedy “Pemuda Idaman #ngaca; Bima Aji Rogo Wibowo, 120110401014;  2016;  57 halaman; Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Naskah film televisi “Pemuda Idaman #ngaca” merupakan naskah skenario bergenre romance comedy, ditulis berdasarkan fenomena lajang di Indonesia dan pengalaman pribadi pengkarya. Hal tersebut menjadi menarik untuk ditulis pengkarya, sebagai media pemberi pesan moral mengaca (memantaskan diri), ditulis dengan menggunakan situasi komedi sehingga penonton mudah memahami pesan moral yang terdapat dalam naskah. Secara keseluruhan naskah skenario film televisi “Pemuda Idaman #ngaca” memberikan hiburan, edukatif dan kehidupan romansa.

Dengan menggunakan teori psikologi kostitusi fisik dari Ernst Kretschmern pengkarya mendeskripsikan tokoh dalam naskah, diharapkan dapat mengungkapkan karakter tokoh berdasarkan tipologi fisiknya. Tokoh utama dalam naskah merupakan rekonstruksi diri pengarya karena salah satu latar belakang pembuatan karya ini berdasarkan pengalaman pribadi pengkarya saat lajang (jomblo). Penulisan naskah skenario film televisi ini ditulis setelah pengkarya melalukan observasi terhadap fenomena- fenomena lajang di Indonesia kemudian ditambah dengan pengalaman pribadi pengkarya.

Hasil naskah film televisi ini memberi pesan moral memantaskan diri dalam memilih pasangan (kekasih). Menggunakan teori psikologi kostitusi fisik dari Ernst Kretschmern dapat menggambarkan tokoh melalui tipologi fisiknya. Karakter – karakter tokoh ditentukan sesuai tipologi (bentuk) fisik sesuai teori teori psikologi kostitusi fisik dari Ernst Kretschmern.

 

 

Written by