Sosialisasi Online Journal System (OJS)

Mahasiswa sangat mungkin untuk lulus dalam 7 semester, demikian disampaikan Dekan, Prof.Dr.Akhmad Sofyan, M.Hum dalam Sosialisasi OJS (14/2) di Aula Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Sosialisasi OJS disampaikan oleh Prof. Slamin.

Peserta yang mengikuti sosialisasi OJS adalah mahasiswa yang sedang tugas akhir dari jurusan Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sejarah dan program studi televisi dan film.

9 langkah harus diselesaikan oleh mahasiswa dari 20 langkah yang tersedia di sister yang dapat di download melalui kawanda, jelas Slamin.

Proses awal pengajuan judul proposal, upload proposal, proses pembimbingan, combi menetapkan pembimbing sampai penguji. Mahasiswa selanjutnya mencetak berita seminar skripsi dan upload jurnal hingga ada beberapa fakultas yang melakukan cetak seminar hasil.

Dari 20 langkah alur yang ada tersebut, baik mahasiswa, operator dan combi mempunyai tugas masing-masing dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa.

Pada prinsipnya, menurut Slamin tugas akhir mahasiswa layak dan tidaknya untuk ujian tergantung perlu dan tidaknya proposal untuk direvisi. Tentu saja peran dari pembimbing dan reviewer.

Upload jurnal bisa dilakukan melalui jurnal internal Unej atau jurnal Internasional, tentu saja dengan persetujuan dan rekomendasi dari pembimbing.

Bukti submit yang diupload ke sister adalah bukti cetak yang didapat dari balasan oleh mesin setelah betul-betul dilakukan upload jurnal, pinta Slamin.

Bagian yang tidak mengenakkan yang perlu dilakukan

Jurnal yang ada di Universitas Jember dapat di akses melalui jurnal.unej.ac.id

didalamnya terdapat beberapa jurnal yang dikelompokkan dalam kesesuaian ilmu dan bidang jurnal.

Untuk upload di jurnal apapun, setiap mahasiswa diminta untuk register dan mengisi biodata lengkap terutama yang bertanda bintang.

Keberhasilan register akan ditandai dengan balasan melalui email untuk mengaktifkan account jurnal.

Untuk submit melalui jurnal Unej, mahasiswa supaya diisi dengan email institusi, email-user@unej.ac.id (/bob)

Written by