Pengungkapan Pesan Tersembunyi dengan Analisa Maksim – Maksim yang Dilanggar dalam Ujaran yang Ditemukan dalam Film Dumb and Dumber toIhyak Mustofa

RINGKASAN

 

Pengungkapan Pesan Tersembunyi dengan Analisa Maksim – Maksim yang Dilanggar dalam Ujaran yang Ditemukan dalam Film Dumb and Dumber to; Ihyak Mustofa; 110110101027; 2016; 61 halaman; Jurusan Sastra Inggris; Fakultas Ilmu Budaya; Universitas Jember.

Tujuan studi ini adalah untuk menemukan pesan tersembunyi yang digunakan oleh karakter – karakter dalam ujaran – ujaran dalam film Dumb and Dumber to. Studi ini dibuat untuk menganalisa jenis – jenis maksim yang dilanggar oleh karakter – karakter dan pesan tersembunyi yang digunakan oleh karakter – karakter dalam Dumb and Dumber to. Analisis Studi ini berdasarkan teori prinsip – prinsip kerjasama.

Studi ini menerapkan penelitian kualitatif. Penelitian kualitaif digunakan untuk menjelaskan data yang berupa kalimat – kalimat di subtitle film. Dokumentasi diaplikasikan di studi ini sebagai metode pengumpulan data. Subtitle film ini diambil dari internet, http://www.moviesubtitles.org/subtitle-90154.html (diunggah oleh Sparks, diakses pada 5 Mei 2015.)

Hasil studi ini menunjukan bahwa ada 104 ujaran yang mengandung maksim yang dilanggar. 101 data diklasifikasikan ke dalam pelanggaran satu maksim dan 3 data diklasifikasikan ke dalam pelanggaran dua maksim. Ada 23 ujaran mengandung pelanggaran maksim hubungan, 31 ujaran mengandung pelanggaran maksim kuantitas, 29 ujaran mengandung pelanggaran maksim cara dan 18 ujaran mengandung pelanggaran maksim kualitas. Selain itu, ada 3 ujaran yang mengandung pelanggaran dua maksim. 2 ujaran mengandung pelanggaran maksim kuantitas dan maksim cara, 1 ujaran mengandung pelanggaran maksim kuantitas dan maksim hubungan.

Di film Dumb and Dumber to, ada beberapa alasan karakter melanggar maksim. Karakter cenderung melanggar maksim hubungan karena mereka ingin merubah situasi. Maksim yang lain adalah maksim kualitas. Alasan adalah beberapa karakter ingin pamer. Karakter melanggar maksim kuantitas untuk menunjukkan ketidakpuasan secara tidak langsung. Alasan mengapa karakter melanggar maksim cara adalah untuk mengekspresikan ketidaksetujuannya. Selain itu karakter dalam film Dumb and Dumber to juga melanggar dua maksim dalam satu ujaran. Alasannya adalah untuk menekankan keinginan mereka.

Jenis – jenis maksim yang dilanggar menentukan alasan – alasan karakter melanggar maksim. Karakter yang melanggar maksim dalam film Dumb and Dumber to terdiri dari Lloyd, Harry, Mr. Pinchelow, Penny, Adele, Travis, Fraida dan Dr. Meldman. Karakter utama dalam film ini adalah Harry dan Lloyd. Lloud secara dominan melanggar maksim kualitas. Alasannya adalah dia ingin pamer. Hal ini menunjukkan Lloyd adalah orang yang sombong. Selain itu, Harry secara dominan melanggar maksim cara. Dia ingin menunjukkan ketidaksetujuannya terhadap pernyataan orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa dia seorang yang sarkastis.

Ketika memahami maksim yang dilanggar, ada beberapa kemungkinan untuk menimbulkan kesalahpahaman atau misinterpretasi. Situasi ini dapat terjadi ketika pembicara dan pendengar tidak tahu topik tersebut. Oleh karena itu, konteks situasi sangat penting bagi pembicara atau pendengar untuk memahami pesan tersembunyi dalam sebuah ujaran. Konteks juga dapat membantu untuk menganalisa ujaran yang melanggar maksim dari prinsip – prinsip kooperatif.

 

 

Written by