Pekan Chairil Anwar 2015; MELAMPAUI BATAS, MEMPERKUAT KREATIVITAS

IMG_5741

Pada 30 September 2015, tepat pukul 22.00 WIB, berakhir sudah pelaksanaan Pegelaran Seni di Fakultas Sastra Universitas Jember. Pagelaran Seni yang dihelat sebagai malam puncak pelaksanaan Pekan Chairil Anwar tahun 2015 ini menampilkan Konser Musik dan Etnis Oleh UKM DKK, Musikalisasi Puisi oleh EDSA, Pementasan Teater oleh IMASIND, dan Tembang Etnis Rasa Paduan Suara oleh PSM Fakultas Sastra. Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Jember dan jajaran Dekanat Fakultas Sastra.

Dalam sambutannya Ketua Panitia, Dr. Ikhwan Setiawan menjelaskan tentang visi dan misi pelaksaan acara tersebut. Menurutnya dengan semangat Chairil Anwar, civitas akademika Sastra diharapkan mampu melakukan aktivitas2 akademis dan kreatif yg bisa menyerap sumber-sumber lokal maupun modern untuk bisa memperkuat dan mendinaminasi kehidupan budaya di lingkungan perguruan tinggi.

Bapak Hairus Salikhin selaku Dekan Fakultas Sastra dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Chairil Anwar merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Beliau juga mengatakan, perangkat Gamelan Banyuwangi yang digunakan dalam Pagelaran Seni ini merupakan dukungan dari pihak universitas. Dekan juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Jember, bahwa Fakultas Sastra telah disetujui perubahan namanya menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Ia menambahkan, perubahan nama ini memberikan konsekuensi akan ditambahnya Program Studi Baru. Beberapa program studi yang telah direncanakan diantaranya Program Studi Musik, Program Studi Seni Pertunjukan dan Program Studi Antropologi.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan mengharapkan Fakultas Sastra dapat menjadi motor penggerak utuk mengapresiasi dan menopang kondisi sosial budaya di Jember. Beliau juga membenarkan tentang persetujuan perubahan nama Fakultas Sastra oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi. Rektor juga memberikan informasi terkait realisasi peralatan untuk Program Studi PSTF yang saat ini sudah sampai pada tahap pelelangan. Rektor juga menyatakan siap mensupport infrastruktur untuk pengembangan akademik, demi mempertahankan Akreditasi A yang telah dicapai Universitas Jember. Rektor juga mengapresiasi perubahan suasana Fakultas Sastra yang makin nyaman dengan perombakan dan penambahan infrastruktur seperti gazebo, pujasera, dan lain lain.

Acara Pagelaran Seni yang menjadi malam puncak pelaksanaan Pekan Chairil Anwar berlangsung meriah dengan dihadiri sekitar 500 orang audiens. Sebelumnya pada 21 September 2015, Pekan Chairil Anwar dibuka dengan agenda pertama yaitu Apresiasi dan Diskusi Puisi Karya Chairil Anwar dan Wiji Thukul dengan tema Sastra Sebagai Gerakan Politiko-Kultural. Acara digelar di halaman Gedung Ki Hadjar Dewantara dengan pembicara Dr. Eko Suwargono, M.Hum dosen dari Jurusan Sastra Inggris. Puluhan puisi dari kedua sastrawan besar itu dibacakan oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai jurusan di Fakultas Sastra.

Agenda kedua pelaksanaan pekan Chairil Anwar adalah Pemutaran dan Diskusi Film Karya Mahasiswa yang dilaksanakan di Lantai 3 Gedung Ki Hadjar Dewantara pada 28 September 2015 pukul 19.00 WIB. Sebanyak 5 film diputar dalam acara tersebut. Denny Antyo Hartanto, S.Sn M.Sn dan Fajar Aji, S.Sn Msn dosen dari Program Studi Televisi dan Film menjadi pendamping diskusi malam itu.

Dengan berakhirnya rangkaian Pekan Chairil Anwar 2015, Fakultas Sastra diharapkan menjadi lokomotif gerakan sosial budaya di Jember dengan terus menularkan semangat para sastrawan dalam memperkuat dan mendinaminasi kehidupan budaya di lingkungan perguruan tinggi. (Rmd)

 

IMG_5747
Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Ph.D menghadiri Pekan Chairil Anwar 2015 di Fakultas Sastra Universitas Jember

 

Written by