Juara 1 Berhak Mendapat Tiket Masuk Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember masih berduka dengan kepergian dua koleganya (dosen) seraya mendoakan almarhum (Drs. Bambang Samsu, M.Si dan Dra. Sri Ningsih, MS). Duka mendalam kepergian almarhum disampaikan sesaat sebelum membuka Pagelaran Seni Budaya (1/11) di pendopo Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Pagelaran Seni ini salah satu rangkaian Bulan Bahasa tahun 2017 setelah beberapa hari sebelumnya dilakukan Pelatihan Menulis dan Lomba Penulisan Essai dan Film Pendek.

Dalam kesempatan itu Dekan bersama sesepuh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember memberikan santunan kepada beberapa anak yatim. Beberapa sesepuh yang tampak hadir adalah Prof. Drs. Soegianto, Prof. IC Sudjarwadi, Drs. HM. Sundoro dan Drs. H.Marwoto.

Dekan juga memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba Menulis Essai dan Film Pendek.

Dewan juri Erna Rochiyasi S menyampaikan dari 500 siswa peserta lomba, 3 terbaik telah ditetapkan sebagai pemenang lomba. Hal ini berdasarkan 5 kriteria lomba diantaranya adalah kesesuaian essai, diksi (bobot kesesuaian), aspek kesesuaian dengan tema dan daya nalar.

Berikut daftar pemenang lomba penulisan essay berdasarkan 5 kriteria tersebut, yaitu:

  1. Elisabet Judith Leanora dari SMA SANTO PAULUS Jember
  2. Dinda Alvina Nuraini dari SAMN5 Jember
  3. Adinda Pramesti Maharani dari SAMN5 Jember

Sementara dari 32 judul film pendek yang sudah masuk, panitia merasa termehek-mehek dalam penentuan nominator, kata Didik Suharijadi. Estetika menjadi perhatian khusus dan penilaian yang tinggi dari beberapa kriteria lomba film pende. Orisinalitas meliputi bahan (visual maupun musik), cara pengambilan gambar, orisinalitas tentang karya itu sendiri yang semuanya mengarah pada estetika sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat.

Berikut pemenang lomba film pendek, yaitu:

  1. Bimo Prasetyo dari SMAN Ambulu Jember
  2. M Rizal Efendi dari SMKN1 Wringin Bondowoso
  3. Badrid Duja dari SMA NU1 Gresik

Juara pertama selain berhak mendapat piala, sertifikat dan uang pembinaan juga berhak mendapatkan tiket untuk masuk Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. (/hasan)

Written by