Melalui Workshop Penulisan Naskah Kreatif, Wadek 1 Dorong Mahasiswa PSTF lebih Produktif

Workshop Penulisan Naskah Film di Aula Sutan Takdir Alisyahbana (28/7) yang diikuti mahasiswa PST diharapkan dapat memberikan output yang berpotensi dalam kompetisi baik regional, nasional maupun global. Demikian disampaikan wakil dekan 1, Prof. Nawiyanto, M.A., Ph.D dalam sambutannya membuka workshop tersebut.

 

“Workshop ini adalah kegiatan yang baik, kami selaku pimpinan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember memberikan apresiasi kepada nara sumber, Arif N Pribadi dari Jakarta. Dari Jakarta ke Jember, tentu saja perjalanan yang jauh dan melelahkan dan Beliau mau menularkan skills

“Saya kalau berada di antara kolega prodi televisi dan film, energi saya serasa muda kembali karena energinya sangat kuat.” Kalau saya bersama rekan sejarah melihat ke masa lalu, jaman kolonial yang kami bergulat dalam masa lalu. Dimana masa sekarang lebih milenial, lebih now. Saya juga mulai belajar, karena kalau Sejarah itu kekuatannya dalam narasi. Sekali lagi kami sangat apresiatif karena PSTF ini menjadi ujung tombak terlebih di masa pandemi dimana PSTF berkontribusi sangat besar pada dunia baru ini, terang Nawiyanto.

Target dan outputnya dimana setiap tahun kami selalu melaporkan indeks kinerja utama (IKU). “Apa yang sudah diraih, apa yang sudah dicapai dan salah satunya adalah karya. Dimana karya dan prestasi mahasiswa. Kalau mahasiswa PSTF dimana karyanya divestifalkan baik di tingkat regional, nasional maupun global. Itu akan menjadi catatan dan sumbangsih prestasi bagi prodi maupun fakultas untuk capaian indeks kinerja utama ke-4. Dalam rangka membekali mahasiswa sebagai salah satu bagian dari upaya MBKM adalah dengan mendatangkan praktisi yang sudah berkiprah di dunia produksi dan industri seperti Pak Arif. Kami berharap Pak Arif ini dapat menularkan virus kreatif untuk membekali mahasiswa terutama dalam dunia kehidupan selain teoritis dari kampus.

Lebih lanjut Nawiyanto berharap workshop dapat diikuti oleh mahasiswa dengan antusias karena apa artinya kami kalau mahasiswa tidak berpartisipatif secara aktif. Semoga workshop ini dapat menjadi pemacu dosen dan mahasiswa untuk lebih produktif.

Ketua Prodi Televisi dan Film, Zamroni menyampaikan bahwa worskhop “Penulisan Naskah Kreatif” ini merupakan rangkaian dari 3 worskhop yang berkelanjutan oleh PSTF untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa. Output yang diharapakan selanjtnya adalah mahasiswa membuat produksi film fiksi pendek dan siap berkompetisi dalam vestifal film nasional.