Mahasiswa FIB UNEJ Raih Juara III LKTI Tingkat Nasional

Jember (15/10/2021). Torehan prestasi diukir kembali oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Uiversitas Jember dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional. Ayu Novita Sari dan Bangkit mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia serta Diatri mahasiswa Program Studi Televisi dan Film berhasil meraih Juara III dalam event “Digital Preneurship sebagai Solusi Berwirausaha di Masa Pandemi COVID 19” yang diselenggarakan oleh Genius Institute, Mataram pada 8 Oktober 2021. Mereka membuat karya tulis ilmiah dengan judul “Kolam PPKM: Pakan Otomatis, Praktis, Kreatif, Modifikatif Solusi Bisnis Ikan Air Tawar di Lahan Sempit.”

Tahapan mengikuti proses LKTI berawal dari informasi oleh fakultas tentang adanya lomba LKTI ini. “Lomba ini saya ikuti dengan tim dari FIB, yang terdiri dari tiga orang. Ada Diatri PSTF 2018 dan Bangkit Sastra Indonesia 2018, yang dibimbing oleh Bapak Didik Suharijadi, S.S.,M.A.. Karena kami tertarik dengan bisnis ikan air tawar yang sedang Pak Didik jalani. Kami memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut karena ingin mencetuskan ide pengembangan kolam dan pemanfaatan teknologi,” kata Ayu Novita Sari

“Untuk topik kami mengangkat bagaimana inovasi kolam ikan yang dapat dibongkar pasang serta disusun secara vertikal yang nantinya dapat dimaksimalkan penggunaannya pada lahan sempit atau seadanya. Inovasi ini dilengkapi dengan alat pemberi pakan otomatis yang dapat dikendalikan melalui gadget jarak jauh. Dengan adanya alat ini, orang dengan tingkat kesibukan tinggi masih dapat memberi pakan ikan secara mudah sehingga efektif waktu dan tenaga.” Lanjut gadis kelahiran Banyuwangi ini.

“Setelah menemukan ide kemudian mengeksekusi ide tersebut. Melakukan observasi sekaligus mencari data dan langsung kami realisasikan ke tulisan LKTI.” Kata mahasiswa Program Studi Satra Indonesia Angkatan 2019. Pelaksanaan LKTI semua dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, pengiriman makalah, hingga presentasi dan pengumuman pemenang. (BAK)

Written by