KETUA JURUSAN SEJARAH FIB UNEJ LAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI MAHASISWA MAGANG

Di dalam rangka mempersiapkan mahasiswa lulusan Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember (UNEJ) menghadapi persaingan dunia kerja, maka Prodi Ilmu Sejarah FIB UNEJ memberikan peluang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan, serta kemampuannya sesuai dengan passion mereka. Hal ini sesuai dengan Permendikbudristek RI No. 3 Tahun 2020 tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan ini merupakan media untuk membentuk Sarjana Sejarah yang tangguh dan unggul, serta relevan sesuai dengan perkembangan zaman.

Melalui Program MBKM tersebut, Prodi Ilmu Sejarah UNEJ  telah  menyediakan ruang bagi mahasiswa dalam proses belajar melalui kegiatan magang, salah satunya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispardabud) Kabupaten Jember. Kegiatan magang tersebut, diikuti sebanyak 54 mahasiswa sejarah yang dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok satu sebanyak 14 mahasiswa, kelompok dua sebanyak 28  oleh mahasiswa, dan kelompok tiga sebanyak 12 mahasiswa. Ketiga kelompok mahasiswa magang tersebut, disebar di berbagai tempat yang ada di lingkungan Dispardabud Kabupaten Jember.

Upacara pelepasan mahasiswa magang Prodi Ilmu Sejarah dilakukan oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Litt, selaku Dekan FIB UNEJ pada tanggal 23 Agustus 2021. Guna memantau pelaksanaan kegiatan magang tersebut, Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum selaku Ketua Jurusan Sejarah FIB UNEJ melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) mahasiswa magang yang ada di Desa Siputih Kecamatan Mayang pada tanggal 13 Oktober 2021, Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe dan Desa Sukosari Kecamatan Sukowono pada tanggal 14 Oktober 2021.

Menurut Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum dari hasil monev mahasiswa magang, bahwa pelaksanaan mahasiswa magang telah berjalan dengan baik, dimana mahasiswa telah menjalankan tugas-tugasnya sesuai arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kepala desa setempat, dan Juru Pelihara (Jupel) dari Dispardabud Jember. Ini terlihat dari laporan kegiatan harian (log book) dan laporan kemajuan kegiatan magang berupa identifikasi situs dan story line di berbagai sebaran tempat dimana mahasiswa magang berada.

 

Melalui kegiatan magang tersebut, Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum berharap akan menjadi tempat menempa mahasiswa Sejarah FIB UNEJ, terutama memberikan pengalaman konteksual lapangan yang bisa meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik secara utuh,  memberikan kesiapan mental untuk menjadi lulusan yang siap bekerja, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Written by