[:id]HISKI Jember Siapkan Webinar NGONTRAS#16, Akan Bahas Sastra sebagai Media Pembelajaran[:]

[:id]Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia Komisariat Jember (HISKI Jember) menyiapkan Webinar NGONTRAS#16 (Ngobrol Nasional Metasastra ke-16). Kali ini, dengan mengundang akademisi dari UPI Bandung dan Unmuh Jember, akan membahas persoalan sastra dalam kaitannya sebagai media pembelajaran.

Sebagaimana diketahui, sastra sebagai produk budaya, mengajak para pembaca untuk berbudaya. Banyak pesan moral dan kultural yang disematkan dalam karya sastra. “Karya sastra menjadi wadah dalam upaya menginternalisasi nilai-nilai. Pembaca memiliki otonomi untuk menafsirkan dan memberi makna terhadap intensi pengarang di dalam karya sastra,” kata Dr. Heru S.P. Saputra, M.Hum., ketua HISKI Jember.

Lebih lanjut, diungkapkannya bahwa sastra mengisahkan beragam persoalan hidup dan kehidupan. Ia merepresentasikan realitas sosial. Banyak hal tersembunyi di balik kisah dalam sastra. Nilai-nilai kehidupan menjadi pelajaran yang berharga. “Itulah yang harus ditelisik, guna menjadi pembelajaran bagi pembaca,” ungkap Heru, yang juga editor in chief pada Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik.

Dalam mengulik persoalan sastra dan relasinya dengan nilai-nilai kehidupan dan media pembelajaran, HISKI Jember bekerja sama dengan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Univesitas Jember (FIB UNEJ), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember (FKIP Unmuh Jember), Jurnal Semiotika, dan Center for English Literature and Culture (CELC) mengadakan Webinar secara daring melalui zoom meeting, dengan tema Sastra sebagai Media Pembelajaran, yang akan dilaksanakan Sabtu mendatang (26/11/2022).

Pembicara yang akan menjadi narasumber adalah Dr. Yulianeta, M.Pd. (FPBS Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Hasan Suaedi, M.Pd. (FKIP Universitas Muhammadiyah Jember), dengan moderator L. Dyah Purwita Wardani S.W.W., S.S., M.A., anggota HISKI Jember sekaligus dosen Sastra Inggris FIB UNEJ, sedangkan pewara Sherin Fardarisa, mahasiswa Sastra Indonesia FIB UNEJ. Kegiatan Webinar akan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Kukuh Munandar, M.Kes.

Dr. Yulianeta, M.Pd., yang akan menjadi narasumber pertama, adalah dosen PBSI dan Prodi S-2 BIPA, FPBS Universitas Pendidikan Indonesia. Perempuan kelahiran Sragen, 13 Juli 1975, ini alumni S-1 Universitas Sanata Dharma (1998), S-2 Universias Negeri Malang (2002), dan S-3 Universitas Gadjah Mada (2016). Banyak organisasi profesi yang diikuti, di antaranya HISKI, IPBI, Manassa, APPBIPA, INABBY, dan AMCA. Jabatan yang kini diembannya adalah Wakil Dekan Bidang Akademik 2021—2025.

Banyak karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh Yulianeta. Penelitian terbaru yang dilaksanaknnya, di antaranya adalah The Development of Indonesian -Japanese Folklore E-Book as Cross Cultural Based Erichment Material for Intermediate Level BIPA Class (2022, Ketua). Penelitian lain adalah Kesiapan Struktur dan Kultur Perguruan Tinggi dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus (2022, Mitra).

Karya publikasi yang telah dihasilkan, di antaranya adalah Language As a Unifying Nation: The Existence of Digital Literacy in Countering Hoaxes (2022). Selain itu, ada juga Citra dan Peran Perempuan dalam Cerita Rakyat Ni Anteh Pergi ke Bulan dengan The Bamboo-Cutter’s Tale (2022), dan Representasi Perempuan dalam Novel-novel Pramoedya Ananta Toer (2022). Buku terbarunya berjudul Ideologi Gender dalam Novel Indonesia (2021).

Sementara itu, Dr. Hasan Suaedi, M.Pd., yang akan menjadi pembicara kedua, adalah dosen PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Jember. Lelaki kelahiran Situbondo, 10 Februari 1987, ini menamatkan pendidikan S-1 di Universitas Muhammadiyah Malang (2009), S-2 dan S-3 di Universitas Negeri Malang (2013 & 2019). Dalam kariernya, Hasan pernah mengemban tugas pada bagian Penjaminan Mutu.

Banyak karya ilmiah yang telah dihasilkan. Karya-karya terbaru hasil penelitiannya, di antaranya adalah Konstruksi Pendidikan dalam Novel (AWK). Selain itu, dua penelitian lainnya yang telah diselesaikan adalah Linguistik Forensik dalam Media Masa, dan penelitian yang  berjudul Maksim Kerja Sama Dokter dan Pasien. Adapun artikel terbaru yang telah dipublikasikan adalah Pengembangan LKPD Menulis Teks Naratif.

Dari berbagai pengalaman akademis Yulianeta dan Hasan Suaedi diharapkan dapat menggugah kesadaran kritis kita dalam mendiskusikan persoalan sastra sebagai media pembelajaran. Diskusi tersebut diharapkan dapat memberi pencerahan kepada berbagai kalangan tentang kajian sastra dalam konteks mengedukasi pembaca.

Pertanyaan yang kemudian muncul, pembelajaran seperti apa yang didapat dari sastra? Bagaimana kontribusi sastra dalam mengedukasi pembaca?

Untuk menjawab serangkaian pertanyaan itu, mari kita simak paparan pakar sastra dalam Webinar NGONTRAS#16.

Peserta yang akan mengikuti acara NGONTRAS#16, Sabtu, 26 November 2022, pukul 10.00—12.00 WIB (Ruang zoom dibuka pukul 09.30 WIB), tidak perlu mendaftar dan cukup klik pada Join Zoom Meeting: https://bit.ly/NGONTRAS-16, Meeting ID: 832 9914 7465, Passcode: HISKI-16.

Peserta yang sebelumnya belum masuk Grup WA, sekali lagi, yang belum masuk, diharapkan berkenan masuk grup dengan tujuan untuk memudahkan mendapatkan informasi kegiatan NGONTRAS secara berkelanjutan, dengan klik https://bit.ly/GRUP-D_NGONTRAS.

Peserta juga dapat mengunjungi Portal HISKI Jember untuk mengunduh secara gratis file buku dan prosiding, dengan klik https://hiskijember.fib.unej.ac.id/. Atau menyaksikan rekaman NGONTRAS sebelumnya melalui Kanal Youtube HISKI JEMBER OFFICIAL dengan klik https://bit.ly/YoutubeHISKIJember.

Peserta dipersilakan mengunjungi dan menyitasi artikel-artikel yang dimuat dalam Jurnal Semiotika, terbitan Jurusan Sastra Indonesia FIB UNEJ. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA.***[:]

Related Posts