Flash Cards sebagai Media Pembelajaran Kreatif Pengenalan Bahasa Jawa Krama pada Anak Berkebutuhan Khusus yang Berkategori TunaGrahita di Kabupaten Karanganyar

Kenfitria Diah Wijayanti dan Dyah Padmaningsih
FKIP dan FSSR Universitas Sebelas Maret
Pos-el: kenfi3a@ymail.com dan
dyahpadmaningsih@yahoo.co.id

Abstrak
Tulisan ini bertujuan mendapatkan gambaran karakteristik bahasa Jawa yang digunakan siswa tunagrahita dan menjelaskan efektivitas pembelajaran bahasa Jawa pada anak tunagrahita dengan menggunakan media flash cards. Penelitian jenis kualitatif ini difokuskan pada satu fenomena yang ditelaah secara mendalam. Sampel populasi penelitian ini adalah 30 anak siswa SDLBN Cangakan Karanganyar. Karakteristik penggunaan bahasa Jawa anak tunagrahita adalah terdapat: (1) peniruan
bunyi, (2) kosakata asing, (3) bahasa ibu, (4) bahasa asing, (5) jawaban pada kosakata, dan (6) pengucapan suku kata terbalik. Penerapan media flash cards menunjukkan hasil berikut. Pada Tahap I diperoleh rerata capaian sebesar 50,3 %, 59,3 % pada Tahap II, dan Tahap III sebesar 61,3 %.

Kata kunci: media pembelajaran, flash cards, tunagrahita

Related Posts