Kajian Tata Rias dan Kostum Tokoh Maleficent

RINGKASAN

Kajian Tata Rias dan Kostum Tokoh Maleficent; Ernik Qurrotul Aini, 110110401016; 2016: 87 halaman; Program Studi Televisi dan Film Fakultas Sastra Universitas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Film Maleficent adalah film fiksi bergenre fantasi yang dirilis pada tahun 2014 dan di sutradarai oleh Robert Stomberg. Film Maleficent diangkat dari cerita anak yang berjudul sleeping beauty. Cerita dalam film Maleficent berpusat pada tokoh fiksi bernama Maleficent sebagai seorang peri yang memiliki perubahan karakter. Hal tersebut menarik untuk dikaji sebagai objek penelitian karena tokoh Maleficent sebagai karakter utama dalam film memiliki perubahan karakter dari karakter protagonist menjadi angatonis kemudian kembali menjadi protagonis .

Seorang  tokoh dalam film dapat dilihat karakternya dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah penampilan visual. Tata rias dan kostum merupakan salah satu unsur visual yang tidak lepas dari seorang tokoh.  Tata rias dan kostum dapat menunjukkan karakter tokoh yang diperankan dalam film.  Sehingga penelitian ini mengkaji tata rias dan kostum yag digunakan oleh tokoh Maleficent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter tokoh Maleficent dalam film dan bagaimana tata rias dan kostum tokoh Maleficent ketika Maleficent berperan protagonis antagonis dan pasca antagonis. Metode yang akan digunakan adalah metode deskriptif kualitatif agar penelitian ini dapat dengan mudah dipahami.

Penelitian ini akan mengkaji karakter tokoh Maleficent sebagai seorang peri. Selain mengkaji karakter tokoh Maleficent, penelitian ini juga mengkaji tata rias dan kostum yang dikenakan oleh tokoh Maleficent dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Teori semiotika Peirce yang akan digunakan adalah klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks dan simbol. Klasifikasi jenis tanda tersebut akan digunakan untuk memaknai tata rias dan kostum yang digunakan tokoh Maleficent ketika Maleficent kecil, dewasa, berkarakter protagonis dan antagonis. Tata rias dan kostum seorang tokoh dapat memberikan berbagai informasi untuk mengetahui karakter yang diperankan seorang tokoh, sehingga untuk memaknai tata rias dan kostum tokoh Maleficent, klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol cocok digunakan sebagai pisau bedah.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakter tokoh Maleficent sebagai nonmanusia didukung dengan tata rias dan kostumnya. Karakter nonmanusia Maleficent sebagai seorang peri menunjukkan fisiknya sebagai seorang wanita dewasa dengan dua tanduk di kepalanya dan dua sayap di punggungnya. Tata rias dan kostum yang digunakan Maleficent mendukung karakternya sebagai seorang peri hutan. Karakter tokoh Maleficent juga mengalami perkembangan mulai dari Malleficent kecil, Maleficent remaja dan Maleficent dewasa  yang diperankan oleh tiga orang yang berbeda. Proses perubahan karakter dari protagonis menuju antagonis kemudian kembali menjadi protagonis terjadi saat Maleficent sudah dewasa. Malefient pada awalnya memiliki karakter yang baik namun berubah jahat karena penghiatan yang dilakukan oleh orang yang dicintainya. Namun, Maleficent mulai berubah setelah mengawasi Aurora dan pada akhirnya menjadi baik setelah berinteraksi dengan Aurora.

Tata rias dan kostum tokoh Maleficent juga mendukung perubahan karakternya dari protagonis menjadi antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Tata rias dan kostum tokoh Maleficent ketika berperan protagonis berbeda dengan saat berperan antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Pada karakter protagonis Maleficent dibagi menjadi tiga yakni Maleficent kecil, Maleficent dewasa, dan Maleficent pasca antagonis. Tata rias dan kostum Maleficent kecil dan dewasa menggunakan riasan yang terlihat alami dengan kostum sederhana. Nuansa warna yang digunakan oleh Maleficent kecil dan dewasa adalah warna coklat dan hijau tua kehitaman. Berbeda dengan tata rias dan kostum tokoh Maleficent kecil dan dewasa, Maleficent parca antagonis adalah karakter protagonis Maleficent setelah menejadi jahat. Maleficent pasca antagonis disini menggunakan riasan yang lebih tegas dengan gaun yang berwarna hitam serta aksesoris emas. Terakhir adalah riasan antagonis dimana Maleficent menggunakan riasan yang lebih gelap dan gaun yang bernuansa hitam pekat.


 

 

Written by