Dalam FGD: Dekan Wacanakan Pelayanan Online Di Semua Bidang

Bertempat di Aula CROWN Royal hotel n’ lounge 27-28 November 2021, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB-UNEJ), Prof. Dr. Sukarno, M.Litt mengharapkan semua bidang kelompok kerja (Pokja) untuk menyiapkan pelayanan secara online. Sukarno menyampaikan pentingnya peranan kajur dan kaprodi untuk terus meningkatkan tri dharmanya, tidak hanya terfokus pada penelitian dan pengabdian tetapi lebih pada hasil dan nilai dari penelitian dan pengabdian itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sukarno menggambarkan seperti pelayanan bidang akademik dan kemahasiswaan dalam memproses pelayanan tugas akhir mahasiswa dapat dilayani secara online. Dimana semua form dan berkas yang dibutuhkan oleh mahasiswa sudah terlayani secara online. Selanjutnya verifikasi data bisa dilakukan oleh operator akademik. Dilanjutkan oleh wakil koordinator bidang akademik dan pada akhirnya acc oleh wakil dekan 1 juga dilakukan secara online. Ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dan kerja efisien dan efektif. Hal itu tentu saja dengan mengikuti SOP yang sudah disusun oleh bidang akademik dan kemahasiswaan. Untuk itu SOP perlu lebih disempurnakan, kata Sukarno.

Seperti halnya bidang akademik kita berharap pada bidang kepegawaian kedepan sudah memberikan pelayanan secara online. Contohnya dalam kenaikan pangkat dosen, sudah tersedia sistem online. Dimana dosen sudah bisa mengakses pelayanan secara online. Selanjutnya dosen yang bersangkutan tinggal mengisi form yang tersedia, tentu saja dengan melampirkan berkas yang dibutuhkan.

Juga pada bidang Barang Milik Negera (BMN), Sukarno berharap adanya pelayanan peminjaman alat  atau barang atau ruang secara online. Untuk kebutuhan sistem pelayanan secara online tersebut, Fakultas Ilmu Budaya sudah melakukan komunikasi dengan kepala UPT-TI UNEJ dan siap menganggarkan pembiayaannya untuk tahun 2022. Paling tidak dalam tahun 2022 sudah ada minimal 3 pelayanan online, selanjutnya kita berharap ada 7 pelayanan online, terang Sukarno.

Agenda kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) dihadiri semua ketua jurusan dan koordinator program studi, GPM dan UPM di lingkungan FIB-UNEJ. FGD itu membahas rencana strategis FIB-UNEJ tahun 2021-2025. FGD FIB-UNEJ dibuka oleh Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D.

Dalam sambutannya, Slamin menekankan kepada semua unit kerja termasuk FIB-UNEJ dalam penyusunan rencana strategis di unit kerjanya untuk bisa sejalan dengan rencana strategis dari Universitas Jember. Lebih jelasnya, semua dekan termasuk dekan FIB-UNEJ, Sukarno telah menandatangani kontrak kerja yang sudah menjadi komitmen bersama rektor. Kontrak kerja dimaksud juga menjadi tanggung jawab semua kajur dan koordinator program studi, kata Slamin.

Dalam paparan singkatnya, Slamin mengajak semua peserta FGD FIB-UNEJ untuk bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sebagai amanah dari Kemendikbud Dikti di Universitas Jember.

Slamin mengajak dekan FIB-UNEJ dalam penyusunan rencana strategisnya tetap mengacu pada rencana strategis Universitas Jember. Slamin akan selalu siap untuk memaparkan rencana strategis Universitas Jember yang menjadi pokok kerjanya dalam komiten bersama rektor dan wakil rektor 2. (/bob)

 

Written by