Apel Senin: Dekan FIB-UNEJ Menyampaikan Tentang Disiplin, Integrasi Gedung IsDB, Kontrak IKU dan Kerjasama

Apel PNS Senin, 1 Agustus 2022 di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dilaksanakan di halaman depan FIB-UNEJ.

Dalam kesempatan itu, dekan, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt mengingatkan kepada bidang akademik untuk menyiapkan jadwal perkuliahan semester gasal 2022/2023. “Terkait dengan jadwal kuliah perkuliahan yang telah di tawarkan oleh masing-masing program studi untuk bidang akademik agar segera menyiapkan jadwal kuliah dengan memaksimalkan gedung IsDB di lantai 5,” terang Sukarno.

Kepada bidang 2, Sukarno juga menyampaikan keinginannya untuk mengintegrasikan gedung IsDB dengan gedung di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. “Kalau bisa gedung IsDB bisa terintegrasi dengan membuat kanopi atau semacamnya untuk memberikan kenyamanan kepada stake holder baik mahasiswa maupun dosen. Juga dibuatkan akses yang baik menuju gedung IsDB,” kata Sukarno.

Lantai 5 gedung IsDB rencananya akan dijadikan sebagai ruang kelas perkuliahan, sementara untuk lantai 4 kita gunakan sebagai ruang laboratorium. Didalamnya termasuk laboratorium Sastra Inggris, laboratorium Sejarah dan laboratorium Sastra Indonesia. Sementara untuk laboratorium PSTF tetap di gedung Ki Hadjar Dewantara mengingat alat-alat PSTF tidak mudah untuk di pindahkan dan belum diperbolehkan dipindah oleh ketua laboratorium Pak Deni, canda Dekan.

Apel setiap Senin ini menjadi forum yang sangat penting bagi pimpinan dan para kaprodi/kajur, kalab dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu dekan berharap semua dapat mengikuti apel pada setiap hari Senin.

Dekan mengapresiasi kepindahan UKM dan ORMAWA di gedung yang baru, mengingat gedung yang lama akan dimanfaatkan sebagai gudang. “Sehingga kita mempunya tempat sebagai gudang dan terlihat lebih rapi dan bersih,” kata Sukarno.

Kepada kajur dan kaprodi, Dekan mengingatkan untuk segera menyiapkan kontrak Indeks Kinerja Utama (IKU) sebagai program kerja kajur/kaprodi. “Mengingat IKU merupakan salah satu kewajiban kajur/kaprodi sebagai kontrak kepada dekan,” terang Sukarno.

Kepada kajur dan kaprodi, Dekan juga menyampaikan tawaran kerjasama dari FIB Brawijaya dan Universitas Zaenal Abidin, Malaysia. “Bu Umamah dari FIB Brawijaya sempat mengajak kolaborasi untuk melakukan Internasional Conference, mohon kepada Bu Indah Sastra Inggris untuk segera menindaklanjutinya”. Sementara dari Universitas Zaenal Abidin, Malaysia, mengingat bahasanya Melayu, kita bisa berkolaborasi dengan semua prodi baik Sastra Inggris, Sejarah, Sastra Indonesia, maupun PSTF,” kata Sukarno.

Kepada peserta apel dan civitas akademika, Dekan menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya kenyamanan dalam bekerja dengan adanya aktifitas renovasi gedung. “Saat ini di depan gedung akademik dan kemahasiswaan sedang ada renovasi penambahan ruang jurusan Sastra Inggris. Kedepan, di depan jurusan Sastra Inggris, yaitu gedung Home Theater juga akan kita renovasi menjadi gedung dekanat yang baru. Sehingga mohon maaf, nantinya akan sedikit mengganggu aktifitas kerja dan perkuliahan. Diharapkan pada bulan Oktober semua sudah bisa selesai,” terang Sukarno.

Selanjutnya Sukarno juga berharap semua penataan baik renovasi gedung maupun taman dapat memberikan kenyamanan bagi mahasiswa dan dosen. Semoga apa yang kita lakukan ini menjadikan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember lebih baik dan membawa keberkahan kepada kita semuanya, Aaamiin.