Resti Nurfaidah
Program Pascasarjana Kajian Budaya Universitas Indonesia
neneng_resti@yahoo.co.id
Abstrak
Bra merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kaum perempuan dalam berbusana. Sejarah bra, tanpa diduga, sudah sedemikian panjangnya hingga mencapai hampir dua abad. Dalam perjalanan tersebut, bra sempat mengalami pasang dan surut. Dukungan dan sikap kontra hadir silih berganti. Penemuan demi penemuan yang monumental muncul silih berganti sebagai langkah penyempurnaan bentuk bra. Kelompok penganut paham feminis berniat untuk menghancurkan bra dengan cara membakar. Bagi mereka bra merupakan salah satu bentuk penyiksaan. Tulisan ini membahas kaitan kedudukan bra, sebelum dan sesudah menjadi ujung tombak Victoria’s Secret. Victoria’s Secret dianggap sebagai pelopor dalam inovasi bra yang luar biasa, terutama dalam pemilihan asesoris pada bra. Produk-produk yang dihasilkan Victoria’s Secret merupakan perpaduan antara penemuan monumental, pemilihan barang, kenyamanan, pemilihan aksesoris (pemakaian emas dan batu-batu permata), serta peningkatan status bra sendiri. Victoria’s Secret menjadi kiblat underwear fashion kebanyakan kaum perempuan di seluruh dunia. Hasil analisis menunjukkan bahwa Victoria’s Secret berupaya mengembalikan kaum perempuan untuk menguatkan diri dalam menghadapi tekanan maskulinitas di ranah publik dengan memberdayakan sisi lemah yang mereka miliki.
Kata kunci: bra, Victoria’s Secret, inovasi, nilai
FULL TEXT : PDF