Visitasi Akreditasi Program Studi Sastra Inggris

Bertempat di Aula Sutan Takdir Alisyahbana (2/10) dua asesmen lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi akreditasi Program Studi (Prodi) Sastra Ingris.

Dr. Atiq Susilo, M.A. dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan bahwa bentuk pertanggungjawaban penyelenggara pendidikan tinggi kepada stake holder, mahasiswa bahkan masyarakat secara umum melalui pelaporan borang akreditasi. Tugas visitasi adalah mencocokkan pelaporan dari perguruan tinggi dalam hal ini program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Bahwa sebelumnya Prodi Sastra Inggris telah melaporkan borang akreditasi berupa standar 1 sampai standar 7 secara online masih disadari belum sepenuhnya terekam. Hal ini dimungkinkan karena adanya sedikit perbedaan sistem yang ada pada sistem BAN-PT dan sistem yang dimiliki oleh setiap perguruan tinggi. Oleh karena itu, Atiq Susilo berharap visitasi BAN-PT yang dilakukannya bersama Dr. Adi Sutrisna, M.A. mendapatkan kesesuaian pelaporan yang dilakukan oleh Prodi Sastra Inggris. Atiq Susilo merasa berterimakasih terutama kepada penyusun borang akreditasi Prodi Sastra Inggris bersama tim yang sudah menyiapkan data pendukung.

Asesmen lapangan Prodi Sastra Inggris dibuka oleh Wakil Rektor I, Drs. Zulfikar, P.hD. Zulfikar memaparkan sedikit proses perkuliahan secara tersistem dengan baik di Universitas Jember yang secara telanjang dapat dilihat oleh stakeholder. Zulfikar mencontohkan dalam satu waktu perkuliahan berlangsung, mata kuliah secara online yang diampu Prof. Dr. H. Sukarno, M.Litt dengan kehadiran mahasiswa dan silabus yang diberikan dan juga materi perkuliahan secara jelas kepada mahasiswanya. Zulfikar berharap kerja keras yang sudah dilakukan oleh teman-teman Prodi Sastra Inggris dapat menjadi poin terbaik dalam visitasi asesmen lapangan. Zulfikar merasa sangat bangga atas keberhasilan Prodi Sejarah yang berhasil mendapat akreditasi A. Zulfikar sangat apresiatif dengan mendorong kepada pimpinan Fakultas Ilmu Budaya untuk berbuat maksimal dalam pelaporan borang akreditasi. Dan, Zulfikar pada akhirnya sangat senang ketika salah satu Prodi di Fakultas Ilmu Budaya, yaitu Ilmu Sejarah berhasil mendapatkan akreditasi A.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Prof. Dr. Akhmad Sofyan menyadari bahwa pelaporan borang tentu belumlah sempurna. Akhmad Sofyan berharap melalui asesmen lapangan oleh BAN-PT kepada Prodi Sastra Inggris bisa saling mengisi dan menjadikan menuju kesempurnaan.

Sementara Dr. Adi Sutrisna, M.A., visitasi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menyampaikan kalau Bu Megawati mengatakan petugas partai, kami adalah petugas BAN-PT. Adi Sutrisna menekankan bahwa asesmen lapangan bukan untuk mencari kesalahan tetapi ingin menyesuaikan borang yang dilaporkan oleh Prodi Sastra Inggris dengan yang ada.

 

 

 

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *