Program Studi Televisi dan Film Jenjang S1 (Sarjana)

1)   Visi

Visi Prodi Televisi dan Film adalah menjadi program studi unggul di bidang penciptaan dan pengkajian film dan televisi berbasis sains, teknologi, dan estetika berwawasan budaya nusantara.

2)   Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia unggul dan profesional dalam bidang penciptaan dan pengkajian film dan televisi.
  2. Melaksanakan riset dalam bidang perfilman dan pertelevisian yang responsif dan adaptif terhadap perubahan sains dan teknologi.
  3. Mengembangkan kehidupan seni budaya audio visual untuk siaran televisi dan film yang mengeksplorasi seni budaya nusantara secara estetik.
  4. Mewujudkan masyarakat berwawasan budaya nusantara melalui pemanfaatan teknologi perfilman dan pertelevisian.
  5. Memberdayakan produk audio visual yang komunikatif melalui saluran termutakhir

3)   Tujuan

  1. Menciptakan tenaga ahli di bidang pertelivisian dan perfilman didasari fakta bahwa peluang yang muncul dari industri media elektronika banyak memerlukan   dukungan   tenaga   yang berkompetensi di bidang perfilman dan pertelivisian. Dalam hal ini  meliputi  tenaga  produser  produk  audio  visual,  penulis naskah, animator, dan editor audio visual, sebagai kompetensi yang cukup laku dalam dunia kerja. Kompetensi tersebut akan diraih melalui pembelajaran pada Program Studi S1 Televisi dan Film.
  2. Memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah siap untuk dimanfaatkan secara optimal.
  3. Menambah beragaman ciri khas program studi S-1 televisi dan Film.
  4. Menyediakan salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengikuti pendidikan tinggi, khususnya bidang televisi.

4)   Capaian pembelajaran

  1. Mampu melakukan manajemen dalam proses riset dan perencanaan produksi, pelaksanaan produksi dan pendistribusian hasil produksi.
  2. Mampu menerapkan ilmu televisi dan film dan sub-subnya dalam penguasaan teknologi modern.
  3. Mampu mengembangkan cara-cara yang efektif dalam memecahkan permasalahan pertelivisian dan perfilman.
  4. Mampu berkreasi  hingga  mencipta  produk-produk  dalam program film dan telivisi.
  5. Mampu mengangkat budaya lokal khususnya budaya agraris dalam produk film dan televisi dengan teknologi komunikasi yang modern.
  6. Memiliki kemampuan dan wawasan pengelolaan manajemen produksi pertelivisian dan perfilman.
  7. Mempu mengembangkan kewirausahaan dalam bidang audio visual dan sinematografi.
  8. Memiliki kemampuan dan teknik yang profesional di bidangnya dalam   industri   media   kreatif   dalam   bidang pertelivisian dan perfilman.
  9. Memiliki sarana penunjang yang memiliki karakteristik yang khas, menitikberatkan pada penguatan dan penguasaan antara teori dan keterampilan.

5)   Akreditasi

Sesuai dengan SK BAN-PT No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 menyatakan bahwa Program Studi Televisi dan Film mendapatkan Peringkat Akreditasi C yang berlaku hingga tahun 2019

Situs Resmi http://pstf.fib.unej.ac.id/