Program Studi Linguistik Jenjang S2 (Magister)

1)    Visi

Menjadi Program Studi Magister Linguistik yang unggul dalam pendidikan dan penelitian di Asia Tenggara, peduli pada kepentingan kemanusiaan dan berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila”.

2)   Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Linguistik dalam kultur akademik yang memandirikan mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan wawasan yang luas dalam bidangnya serta memiliki kepribadian dan daya saing tinggi yang dapat ditampilkan  pada  tingkat  nasional maupun internasional;
  2. Memberdayakan dan meningkatkan kapasitas (empowerment dan capacity building) program studi sehingga meningkatkan mutu kinerjanya serta mampu berkembang dalam kompetisi
  3. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu, guna meningkatkan produktivitas penelitian yang berorientasi kepada publikasi ilmiah nasional dan internasional dan pengembangan aspek bahasa dalam kehidupan sosial (language in social life);
  4. Menyediakan berbagai jasa lingustik terapan yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, maupun global.
  5. Mengembangkan koordinasi dan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, maupun global.

3)   Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan wawasan yang luas dalam bidangnya serta memiliki kepribadian dan daya saing tinggi  yang  dapat  ditampilkan  pada  tingkat  nasional maupun internasional.
  2. Mewujudkan kemandirian program studi dalam konteks kompetisi global.
  3. Menghasilkan produk penelitian yang bermutu dan meningkatkan produktivitas  publikasi  ilmiah  nasional  dan
  4. Menyediakan berbagai jasa lingustik terapan yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, maupun global.
  5. Mewujudkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, maupun global.

4)   Capaian pembelajaran

  1. Peneliti bidang pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra.
  2. Praktisi/tenaga profesional bidang pemanfaatan potensi bahasa dan sastra.
  3. Pendidik (guru dan dosen) bidang bahasa dan sastra.
  4. Wirausahawan bidang pemanfaatan potensi bahasa dan sastra.

 

Situs Prodi http://linguistik.fib.unej.ac.id/