Menuju Sukses Ditentukan oleh Karakter dan Sikap yang Baik

Sidang terbuka senat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember melepas 25 orang Sarjana baru dalam acara yudisium Sarjana Periode I Tahun Akademik 2019/2020, 30 Agustus 2019. Yudisium Sarjana Periode I dilaksanakan di Aula Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember yang terdiri dari 16 orang sarjana dari jurusan Sastra Inggris, 6 orang sarjana  dari jurusan Sastra Indonesia, dan 3 orang sarjana dari Program Studi Televisi dan Film.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum menetapkan Riska Ayu Anjasari, S.S. dari jurusan Sastra Inggris sebagai lulusan berprestasi dengan Indeks Prestasi (IP) tertinggi 3,75 predikat (Dengan Pujian) dengan lama studi 3 tahun 10 bulan 21 hari. Sementara lulusan tercepat diraih Triana Mar’atus Solihah, S.S. dari jurusan Sastra Indonesia dengan lama studi 3 tahun 9 bulan 3 hari dan IP 3,73 dengan predikat (Dengan Pujian).

Dalam sambutannya, Akhmad Sofyan mengucapkan selamat kepada para yudisi dan orang tua yang telah berhasil melewati satu tahapan yang dianggap tidaklah mudah. Tidak semua orang mendapat kesempatan kuliah dan tidak semua orang dapat berhasil menyelesaikan kuliah. Tahapan tersebut tentu tidaklah mudah, banyak hambatan, banyak cobaan, ada kalanya ada yang manis, ada kalanya juga ada yang pahit. Namun hal-hal yang pahit dalam kehidupan itu adakalanya menjadi cerita dan akan menjadi kenangan yang indah. Kesuksesan tersebut tentu saja tidak lepas dari perjuangan orang tua. Dibalik sukses yang Anda raih, dibalik tahapan kehidupan yang Anda selesaikan, ada orang tua yang berkorban jauh lebih besar. Doa-doanya jauh lebih khusuk dari Anda, untuk itu agar perjalanan Anda kedepan lebih dimudahkan dan lebih baik tetaplah mohon doa dan restu dari orang tua.

Tahapan itu, yang tadinya menjadi mimpi dan tadinya berupa impian, sekarang impian itu menjadi nyata. Ketika impian itu menjadi nyata maka hidup itu menjadi bias. Janganlah Anda berhenti dari kenyataan itu maka hidup Anda tidaklah, karena itu Anda harus terus bermimpi untuk meraih yang lebih baik dalam kehidupan. Ada slogan, hidup yang berarti adalah hidup yang masih dalam impian, sedangkan hidup yang sangat mengerikan adalah ketika kita sudah tidak berani lagi untuk bermimpi. Maka bermimpilah untuk hidup yang lebih baik dan lebih sukses.

Anda sekarang menghadapi fase baru dalam kehidupan Anda, fase dimana Anda tidak lagi diperlakukan istimewa karena Anda tidak lagi menjadi seorang remaja. Peran Anda sekarang harus berbalik, kalau biasanya Anda diperhatikan dan diurus orang tua, maka sekarang saatnya Anda membayar hutang untuk mengurus dan memperhatikan orang tua. Kalau tadinya Anda telat makan, orang tua mengingatkan “le… waktunya makan”. Pengalaman Anda di kampus ketika dihadapkan dalam situasi yang pahit, getir atau kurang baik, itu Anda harus bersyukur. Ketika dalam kehidupan Anda mendapatkan tantangan yang pahit, Anda sudah pernah mendapatkan pengalaman tersebut. Anda harus mejadi kuat dan jangan menjadi orang yang cengeng. Karena persyaratan-persyaratan menuju sukses lebih ditentukan oleh karakter dan sikap Anda yang baik.

Kedepan kami yakin, Anda akan membuat kami bangga. Kenanglah kami yang baik-baik, dan kami akan selalu mendoakan semoga kalian kelak akan menjadi orang-orang yang sukses. Kami sudah memaaafkan Anda semua sebelum Anda meminta maaf kepada kami. Kami memaklumi jika mahasiswa nakal, dosen-dosen memaklumi bila dalam perjalanan Anda pernah ada salah dan khilaf tentu saja sebagai pimpinan kami mohon maaf. Kepada orang tua kami juga mengucapkan selamat dan kami kembalikan. Apabila kami dalam mendidik putra dan putri Bapak dan Ibu sekalian ada kesalahan dan kekhilafan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Riska Ayu Anjasari, S.S. lulusan berprestasi dengan IP tertinggi dalam kesempatannya mewakili yudisi menyampaikan rasa syukurnya telah berhasil lulus dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Riski bersama para yudisi sangat berterimakasih atas ilmu dan bimbingan dari para pimpinan, dosen dan staf serta civitas akademik. Perjuangan hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita, ini adalah awal dari kita untuk mengabdi pada bangsa dan negara. Riska juga berterimakasih kepada segenap orang tua atas segala pengorbanan dan perjuangan untuk keberhasilan para yudisi.

Sementara itu Uswatun Hasanah, wakil dari orang tua yudisi juga menyampaikan rasa syukur dapat mengantarkan anak-anaknya lulus dan menjadi Sarjana di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Uswatun berharap ilmu yang telah ditransfer oleh bapak/ibu dosen dapat bermanfaat bagi masyarakat. Uswatun mohon pamit dan mohon maaf bila selama berproses menjadi mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember banyak kesalahan dan khilaf.

download foto yudisium

Written by 

One Reply to “Menuju Sukses Ditentukan oleh Karakter dan Sikap yang Baik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *