HISKI DAN ATL KOMISARIAT JEMBER: SETIA DAN BERKARYA

Pengurus Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Jember periode 2016‒2020 telah berakhir masa jabatannya. Demikian juga Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Komisariat Jember. Sejak awal pembentukannya, pengurus memiliki komitmen untuk setia pada profesi dan dunia akademik yang jujur, terbuka, demokratis, dan universal. Buah kesetiaan tersebut terwujud dalam jejak dan langkah organisasi yang setiap tahun melakukan kegiatan temu ilmiah dan menghasilkan publikasi berupa prosiding yang berisi artikel akademisi dari berbagai wilayah Nusantara.

Dr. Heru SP Saputra, M.Hum. (Paling kiri) terpilih menjadi ketua HISKI Jember (2020-2024) dan Dr. Moch. Ilham, M.Si. (Nomor 2 dari kiri) sebagai ketua ATL Jember (2020-2024).Prof. Dr. Novi Anoegrajekti, M.Hum. (tengah) tersenyum lega sudah mendapatkan pengganti yang akan mengembangkan HISKI dan ATL Komisariat Jember (Kiri). Pengurus dan anggota HISKI dan ATL Komisariat Jember dengan canda dan tawanya bersemangat untuk semakin jaya berkarya (Kanan).

 

Kesetiaan menjadi semakin bermakna karena mendapat dukungan dari lembaga, mulai dari Universitas, Fakultas, dan Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya. Atas perhatian dan dukungan tersebut pengurus HISKI Komisariat Jember mengucapkan banyak terima kasih. Pengurus HISKI dan ATL Komisariat Jember juga berharap agar ke depan perhatian dan dukungan semakin besar agar semakin besar pula prestasi yang dapat diraih dan semakin besar pula kontribusinya terhadap kolega, lembaga, dan dunia akademik pada umumnya.

 

Jejak Tinggalan

Pengurus HISKI dan ATL Komisariat Jember terus melakukan komunikasi dan interaksi dengan anggota secara formal dalam rapat pengurus dan anggota serta secara informal melalui pertemuan secara interpersonal. Komunikasi dimanfaatkan untuk menginformasikan berbagai kegiatan ilmiah dalam bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan yang menjadi fokus kajian anggota HISKI dan ATL Komisariat Jember. Komunikasi juga terjalin secara efektif melalui grup WhatsApp yang dengan cepat dapat diakses karena hampir selalu siaga di genggaman tangan. Berbagai informasi dan kegiatan anggota menjadi sumber informasi untuk saling menginspirasi. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya anggota yang mengikuti kegiatan ilmiah di berbagai wilayah Nusantara. Para peserta membawa panji-panji lembaga dengan mempresentasikan hasil riset dan kajian sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Selain itu, sebagian anggota dengan prestasinya dalam bidang riset publikasi kemudian mendapat kesempatan untuk memberi kuliah umum di berbagai perguruan tinggi dan kesempatan untuk berbagai pengalaman dalam bidang riset.

Sejak tahun 2016, HISKI dengan mendapat dukungan dari Universitas Jember, FIB, dan jurusan di lingkungan FIB telah memublikasi 4 buku berikut.

 

2016 2016 2018 2019

 

Jejak-jejak yang ditinggalkan tersebut sudah waktunya untuk dievaluasi agar ke depan menjadi semakin berkualitas dan beragam. Tradisi berkarya yang sudah diawali dengan pertemuan ilmiah untuk ajang silaturahmi dan saling menginspirasi kiranya perlu dipertahankan dan dikembangkan. Akan tetapi tren yang berkembang adalah publikasi internasional melalui jurnal-jurnal internasional yang bereputasi dan terindeks. ATL telah terbukti secara periodik menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri, khususnya negara-negara Eropa untuk menyelenggarakan workshop dan konferensi internasional.

Semoga HISKI dan ATL Komisariat Jember dengan dukungan Universitas Jember, FIB, dan Jurusan-jurusan di lingkungan FIB sanggup memfasilitasi anggota dan kolega yang tersebar di berbagai wilayah Nusantara untuk melakukan publikasi internasional. Hal itu tentu menjadi harapan yang dinanti oleh anggota dan kolega.

Peluang dan ruang terbuka.

Semoga bersedia.

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *