HIMAFISI FILM FESTIVAL KEMBALI DISELENGGARAKAN DENGAN TEMA STRUGGLE

1. Tema : Struggle

HFF (HIMAFISI Film Festival) adalah program festival film yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Televisi dan Film (HIMAFISI) Universitas Jember. HFF pertama kai diselenggarakan pada tahun 2016 dengan nama “HI-FEST”. Pada tahun ini diselenggarakan festival film kembali dengan tema Struggle yang berarti upaya untuk membebaskan diri dari pengekangan atau melawan serangan. Hal ini dilatarbelakangi oleh gagasan bahwa makhluk hidup terutama manusia akan berusaha mencapai titik puncaknya meskipun terdapat faktor-faktor penghambat.

Struggle sangat cocok untuk diangkat sebagai tema karena dianggap relevan dengan situasi dan isu festival tentang keterbatasan dalam pandemi, juga sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi yang membatasi gerak banyak orang. Hal ini tentunya menjadi tantangan dan wadah untuk melihat sejauh mana individu dapat mengekspresikan cipta dan rasa mereka, yang berarti daya (kekuatan) jiwa yang mendorong makhluk hidup untuk berkehendak. Dengan pengambilan tema tersebut, diharapkan setiap orang mampu berproses dengan leluasa meskipun sedang berada di kondisi keterbatasan.

Sesungguhnya, HFF diadakan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap sineas-sineas muda terutama di wilayah Jember (Tapal Kuda). Selain itu, demi menyeimbangkan ekosistem perfilman, HIMAFISI yang bergerak dalam bidang perfilman merasa bahwa cukup banyak sineas daerah yang jarang menampilkan karyanya kepada khalayak umum. Oleh karena itu, kami memberi fasilitas kepada para sineas untuk menampilkan karya terbaik mereka sekaligus memberikan motivasi untuk terus berkarya. HFF juga diharapkan mampu membangun silaturahmi dan menambah relasi yang baik antarpenggiat film agar dapat tercipta persaingan dan/atau kerja sama yang sehat di kemudian hari.

2. Tanggal Penyelenggaraan : 12 – 13

3. November 2021

4. Jumlah kategori : 5

5. Jumlah submit : 181

Pemenang :

Film Terbaik Fiksi Umum : Cermin Usang Tak Terbuang

Mention Juri 1 : Pindah Ke Bulan

Mention Juri 2 : Anxietus Domicupus

Film Terbaik Fiksi Pelajar : Cita Gayuh

Mention Juri : Revisi Final “Banget”

Film Terbaik Dokumenter : Ibu Periku

Mention Juri : Omnibus Law

Film Terbaik Vertikal : Marwan

Film Gati Jemberan Terbaik : A Crack

6. Tujuan & Harapan : tujuan diselenggarakannya Himafisi Film Festival adalah sebagai wadah apresiasi terhadap perfilman di Indonesia dan juga dapat menyuarakan aspirasi masyarakat mengenai kondisi Indonesia pada sat ini. Harapan diselenggarakannya Himafisi Film Festival yaitu dapat mendukasi serta memberikan dampak positif terhadap masyarakat Indonesia khususnya mengenalkan tentang Kota Jember, sehingga dapat memajukan nama Jember di industri perfilman.

Written by