Dekan Melepas 183 Mahasiswa Magang Program MBKM 2021

Dekan, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt melepas 183 mahasiswa magang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari 4 program studi (S1) di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Sejumlah perwakilan mahasiswa magang hadir di Aula Sutan Takdir Alisyahbana untuk mengikuti serah terima dari dekan kepada mitra magang 2021. Serah terima mahasiswa magang tersebut dilakukan secara luring dan daring.

183 mahasiswa magang tersebut diterima di 25 mitra magang, 63 mahasiswa di antaranya akan magang di Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Jember.

Secara khusus Prof. Sukarno menyerahkan 63 mahasiswanya secara luring kepada Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Didik Eko Pramono.

Dekan menyampaikan mahasiswanya yang akan melakukan kegiatan magang dengan rincian pada masing-masing prodi. Sastra Inggris ada 34 mahasiswa, Sastra Indonesia ada 43 mahasiswa, Sejarah ada 69 mahasiswa dan PSTF sebanyak 37 mahasiswa, itu jalur magang. Disamping jalur magang ke lembaga, ada 11 mahasiswa magang di kementerian. Dengan demikian jumlah keseluruhan ada 183 mahasiswa. Dengan distribusi sbb:

No Tempat Magang Jumlah Mahasiswa
1. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, 63 mahasiswa
2. Radar Jember 27 mahasiswa
3. Java Lotus Hotel Jember 12 mahasiswa
4. Perpustakaan Daerah Jember 10 mahasiswa
5. TV9 Nusantara – Surabaya 8 mahasiswa
6. Hompimpa Sinema Nusantara Yogyakarta 7 mahasiswa
7. Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jatim 6 mahasiswa
8. Makromedia Visual Creative Malang 6 mahasiswa
9. Dinas Pariwisata Banyuwangi 6 mahasiswa
10. Kece Media Surabaya 5 mahasiswa
11. BBS TV Surabaya 5 mahasiswa
12. X-Code Films Yogjakarta 4 mahasiswa
13. Media Online Tadatodays Probolinggo 4 mahasiswa
14. Fave Hotel Sidoarjo 3 mahasiswa
15. Sekolah Ekspor (Studi Independen) 3 mahasiswa
16. PT. Travelxism 2 mahasiswa
17. PT. Arah Dunia Televisi (ADiTV) 2 mahasiswa
18. Perpustakaan Daerah Banyuwanhi 2 mahasiswa
19. Komisi Pemilihan Umum Jatim 2 mahasiswa
20. PT. Digital Inisiatif 1 mahasiswa
21. PT. Pilihanmu Indonesia Jaya 1 mahasiswa
22. PT. Aku Pintar 1 mahasiswa
23. Swiss Belinn Manyar Surabaya 1
24. PT. Vidio Dot Com Jakarta 1 mahasiswa
25. Bawaslu Malang 1 mahasiswa
Dekan menyambut positif program Kemendikbud Dikti Merdeka Belajar bagi mahasiswa yang salah satunya jalur magang. Dekan mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang diterima dalam program magang ini. Kegiatan ini memberikan kesempatan yang sangat baik kepada mahasiswa. Belajar di kampus memiliki keterbatasan-keterbatasan. Belajar di kampus baru pada tataran teori, sedangkan aplikasinya tidak sepenuhnya dapat dilakukan di kampus. Kegiatan magang dapat membekali mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dari lapangan.

Prof. Sukarno menggambarkan kegiatan belajar diibaratkan sebagai kegiatan renang di kolam renang yang sudah tertata secara sistematis, sehingga mereka dapat melakukan renang dengan mudah. Sementara kehidupan di masyrakat yang sebenarnya banyak yang tidak sistematis sehingga tidak mudah diprediksi, banyak hal yang memerlukan pemikiran dan pemecahan yang lebih arif dalam waktu yang cepat pula seperti berenang di sungai atau terlebih berenang di samudra. Dengan bekal magang, setelah mahasiswa menyelesaikan studinya diharapkan mereka dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Mengingat mahasiswa masih berjiwa muda, Dekan berharap kepada semua mitra untuk bisa memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa selama mereka menjalani kegiatan magang atau kuliah lapang. Selanjutnya, Dekan memberikan penghargaan kepada para mitra terutama Dinas Pariwisata dan Budaya yang memberikan kesempatan magang dengan kuota terbanyak yaitu 63 mahasiswa sekaligus mewakili mitra magang.

Mudah-mudahan kerjasama ini nanti akan memberikan hasil, manfaat yang sangat baik untuk kedua pihak: Fakultas Ilmu Budaya, mahasiswa dan lembaga mitra sehingga bisa saling menguntungkan. Kepada mahasiswa, kegiatan magang ini akan banyak dilakukan di lapangan, maka evaluasinya, kata Dekan, akan dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Maka kami berharap semua mahasiswa dapat melakukan magang dengan baik. Dekan mengingatkan kepada mahasiswa bahwa program ini bukan hanya 4 sks tetapi 20 sks. Magang ini bukan sekedar ajang untuk mencari nilai, tetapi lebih pada pencarian pengalaman di lapangan, tegas Dekan.

Didik Eko Pramono menyampaikan sambutan Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember menyampaikan mahasiswa magang sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2021. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember menyampaikan terimakasih kepada UNEJ khususnya Fakultas Ilmu Budaya yang telah memberi kepercayaaan untuk menjadi mitra kegiatan magang. Semoga melalui kegiatan ini terjalin kerjasama yang lebih baik dan ke depan lebih harmonis.

Pelaksanaan magang ini dimaksudkan untuk memperoleh kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi semua pihak. Tujuan pertama sebagai wahana untuk mengaplikasikan teori ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagai sarana untuk membandingkan teori dan praktik kerja yang sesungguhnya. Kemudian magang ini bisa dijadikan persiapan diri pada dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga mahasiswa dapat menggambarkan dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagai tunggaungjawab sosial kepada masyarakat. Magang ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk penyesuaian kurikulum di masa mendatang.

Mengakhiri sambutannya, Didik berharap kepada mahasiswa magang untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program magang dan menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi covid-19 belum berakhir. (/bob)

Written by