397 Mahasiswa Baru FIB Ikuti PKKMB Universitas Jember

Jember (16/08/2021). Sebanyak 397 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama 4 hari via Zoom Meeting. Kegiatan PKKMB di mulai tanggal 16 Agustus 2021 dan akan berakhir tanggal 19 Agustus 2021.

PKKMB di awali oleh pelantikan sebagai mahasiswa baru Universitas Jember oleh Rektor Dr. Iwan Taruna secara daring.

Dalam sambutannya, Rektor menekankan kepada mahasiswa baru untuk disiplin prokes dan vaksinasi untuk mencegah virus Covid19.

Hari pertama PKKMB selain pelantikan juga disampaikan materi tentang Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara; pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme dan penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Negara.

Hari kedua PKKMB disampaikan materi terkait pemahaman hak dan kewajiban dalam upaya bela Negara yang dilandasi cinta tanah air; pembinaan gerakan nasional revolusi mental; pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia; Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); dan Program kreativitas dan inovasi mahasiswa. Pada hari kedua karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-76, maka peserta PKKMB juga turut mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi.

Hari ketiga PKKMB pemaparan materi bertajuk program pembinaan mahasiswa melalui Generasi Education; pengenalan nilai budaya, etik, tata krama, norma kehidupan kampus, plagiarisme, perundungan (bullying), pencegahan tindakan asusila dan kekerasan seksual di kampus, penyalahgunaan narkoba, anti korupsi, dan terampil serta bijak dalam berkomunikasi melalui media sosial; pembentukan karakter mahasiswa yang menghargai kemanusiaan dan membangun kesehatan mental mahasiswa; kiat sukses dan motivasi belajar di perguruan tinggi; dan pengenalan organisasi kemahasiswaan dan kegiatan mahasiswa yang mencakup penalaran dan minat bakat.

Hari keempat PKKMB dilanjutkan dengan materi perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus masa pandemi; kesadaran lingkungan hidup dan kampus sehat; manajemen risiko, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di perguruan tinggi; pengenalan UPT dan lembaga di lingkungan Universitas Jember; pengenalan SISTER dan diakhiri dengan Pemrograman Rencana Studi dan Persetujuan DPA.

Dari 397 mahasiswa baru peserta PKKMB di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya sejumlah 101 mahasiswa baru berasal dari Program Studi Sastra Inggris, 99 mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, 94 mahasiswa Program Studi Sejarah, 97 mahasiswa Program Studi Televisi dan Film, dan 6 mahasiswa dari Magister Linguistik. Acara PPKM dimulai dari pukul 07.00-14.20 WIB. (BAK)

Written by