Selamat Bertugas Prof.Sukarno dan Selamat Gowes Prof. Sofyan

Terhitung sejak Jumat, 23 Oktober 2020 jam 15.00 wib Prof.Dr.H. Sukarno, M.Litt dari Jurusan Sastra Inggris diangkat oleh Rektor Universitas Jember menjadi Dekan Fakultas Ilmu Budaya periode 2020-2024 menggantikan Prof.Dr.Akhmad Sofyan, M.Hum dari Jurusan Sastra Indonesia.

Rektor Universitas Jember di hari itu telah menugaskan dan melantik Prof.Dr.H. Sukarno, M.Litt secara resmi bersama beberapa dekan lainnya di gedung yang beratapkan daun tembakau (Gedung Auditorium).

Pisah dan kenal dilakukan Akhmad Sofyan dalam menyambut dan menyerahkan memori akhir jabatannya kepada Sukarno di Aula Sutan Takdir Alisyahbana secara daring.

Akhmad Sofyan menyampaikan optimis bahwa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember setelah masa jabatannya berakhir, pada masa kepemimpinan Sukarno bisa lebih baik lagi. Sukarno adalah senior saya, semasa kuliah dulu sering saya gojloki, kata Akhmad Sofyan seraya bercanda dan ketawa bersama.

Saya merasa bersyukur dan ingin rehat sejenak setelah melewati masa-masa sibuk di fakultas. Biarkan saya untuk menikmati gowes dulu, kata Akhmad Sofyan.

Namun saya berharap tetap dapat berinteraksi dengan kolega baik dosen maupun karyawan, kata Akhmad Sofyan. Saya berterimakasih kepada wakil dekan 1,2 dan 3 yang selalu menjadi penggerak di bidangnya masing-masing dengan menjalankan tugas dengan baik. Terlebih saya sangat berterimakasih kepada istri tercinta, hai sayang?. Akhmad Sofyan langsung melambaikan tangannya menyapa istri tercintanya.

Lebih lanjut Akhmad sofyan mengatakan bahwa bagaimana tidak, ketika telah lelah di kantor, kadang pulang malam, setelah sampai di rumah langsung semangat lagi. Istri menjadi penyemangat kita dalam menjalankan semua aktifitas menjadi lebih baik. Maka barangkali bu dekan Sukarno juga bisa demikian.

Dalam sambutannya secara daring, Sukarno menyampaikan bahwa menjadi Dekan Fakultas Ilmu Budaya pada periode 2020-2024 adalah tugas dari Rektor. Kalau dekan sebelumnya menjabat setelah melalui proses pemilihan, sekarang dekan ditugasi secara langsung oleh rektor. Ada beberapa teman menanyakan, saya sendiri baru menerima informasi itu satu atau dua hari sebelum pelantikan, terang Sukarno.

Dalam program kerjanya, Sukarno akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan oleh dekan sebelumnya. Dimana program-program yang sudah berjalan dengan baik, Sukarno akan melanjutkannya. Bidang 1, bidang 2 dan bidang 3 dengan proses menjalankan program yang sudah baik supaya terus dilakukan termasuk bu Retno, bu Titik Maslikatin dan pak Narlan selaku bidang 3, kata Sukarno.

Dekan periode 2020-2024 merasa berterimakasih kepada Akhmad Sofyan. Saya mungkin lebih senior dibandingkan bapak Akhmad Sofyan. Tetapi kalau boleh saya bilang, Akhmad Sofyan justru lebih dulu baik dari pencapaian gelar (doktor dan profesornya) bahkan beliau menjadi dekan lebih dulu dibandingkan saya. Bahkan saya masih ingat ketika beilau menjadi penyemangat saya untuk meraih gelar doktor. Waktu itu beliah mengatakan “Alah gimana itu Sastra Igggris kok cemen, nggak ada yang berani S3”, kata Sukarno.

 

Written by