Musim Penghujan : Cak Busar “Pancen Oye”

Cak Busar “Pancen Oye”

Beberapa hari ini hujan mulai turun dan mengguyur kampus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Cak Busar dan kawan-kawan pada Jumat, 11 November 2021 melakukan pengecekan saluran irigasi. Cak Busar melihat saluran irigasi di depan selasar jurusan Sastra Inggris buntu. Melihat itu, Cak Busar segera memanggil kawan-kawan untuk melakukan normalisasi saluran irigasi tersebut.

Dalam bahasa Jawa, diogrok-ogrok atau dalam bahasa Indonesia menurut kamus Bahasa Indonesia dijolok dengan galah. Setelah diogrok-ogrok belum juga ada hasilnya, Cak Busar memutuskan untuk membuat galian di tempat yang tidak bisa ditembus. Di bongkar saja, kita buat seperti bak kontrol, kata Cak Busar.

Irigasi di depan selasar jurusan Sastra Inggris merupakan saluran pembuangan tempat cuci tangan, ya tidak terlalu besar tetapi di musim hujan menjadi saluran yang besar karena pembuangan dari ruan pelayanan kelas, ruang lab bahasa, dan ruang jurusan Sastra Inggris.

Setelah dilakukan dalian, benar saja banyak material yang menumpuk disana dan dengan sigap Cak Busar dan kawan-kawan membuangnya. Kini saluran drainase di depan selasar jurusan Sastra Inggris sudah lancar.

Cak Busar “Pancen Oye”

Cak Busar cukup di kenal di kalangan dosen, karyawan bahkan mahasiswa kecuali mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Di masa pandemi ini semua kegiatan masyarakat tak terkecuali kampus juga melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Proses pembelajaran dan pelayanan kepada mahasiswa dilayani secara online.